0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

TimloMagz

Mamafu Bento, Kreasi Unik dalam Menyajikan Makanan

Mama Fuah (foto: David)

Solo – Unik sekaligus menarik. Itulah yang akan terlintas tatkala menyaksikan hasil kreasi Bento yang dibuat dari tangan terampil Mama Fuah. Terdapat karakter sosok kartun lucu, boneka cantik hingga sosok seseorang yang ditampilkan dalam sebuah makanan yang akan digunakan sebagai bekal makanan. Bagi sebagian masyarakat khususnya di Kota Bengawan, Bento mungkin masih terdengar sebagai kalimat yang asing. Namun bagi kalangan lain mereka justru merasa tergelitik dan terkesima manakala melihat hasil kreasi dari seni membuat makanan khas asal Negeri Sakura Jepang.

Ya, Marfuah atau lebih akrab disapa dengan Mama Fuah pemilik brand Mamafu_Bento di Kota Solo. Berawal dari kegemaran mengkreasi makanan untuk bekal buah hatinya, ibu dua Putri ini terinspirasi untuk mendirikan sebuah usaha. Awalnya, dirinya hanya mencoba memberikan bekal makanan menarik kepada sang buah hati waktu masih duduk di bangku SD. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak diantara teman maupun orang tua yang memesan makanan unik dan menarik tersebut.

“Awalnya cuma ngebuatin bekal untuk anak, tapi ternyata banyak juga yang kepingin. Lalu mereka minta dibuatin hingga sekarang,” kata Mamafu, saat TIMLO.MAGZ berbincang di kediamannya.

Tak mau berhenti disini saja, ternyata banyak diantara pelanggan Mamafu ini meminta untuk dibuatkan jenis bento yang lain seperti “Bento Karakter” maupun “Bento Tumpeng”. Awalnya, dirinya sempat kebingungan membuat bentuk bento tersebut. Namun, kreatifitas yang ada didirinya mendorong untuk terus berkreasi. Alhasil, sebuah perpaduan antara tumpeng tradisi dan karya modern yang tersaji dalam bentuk bento pun akhirnya tercipta.

“Tergantung pesanan, kalau maunya tumpeng bento ya nasinya dibuat menjulang warna kuning dengan hiasan unik. Ada yang berupa wajah seseorang, maupun bentuk lain,” terang Mamafu ramah.

Dalam sehari, Mamafu_Bento meladeni pesanan hingga 30-40 bento box. Sedangkan untuk pesanan bento karakter atau bento tumpeng Mamafu membuat sekitar 3 hingga 5 pesanan saja. Pasalnya, selain dibutuhkan ketelitian dan detail penggarapan karakter, dirinya juga harus mengeksplorasi ide supaya bento yang diciptakan memiliki hasil maksimal.

Membuat sebuah bento, kata Mamafu tak hanya mementingkan soal rasanya semata. Melainkan tampilan yang indah dengan kreasi dari berbagai macam bahan pangan seperti nasi pulen, daging, ayam, sayuran maupun bahan-bahan yang lain juga dinilai perlu. Selain mampu membangkitkan selera makan, seni membuat bento ini juga melatih kesabaran dan kreatifitas seseorang.

Masalah harga, Mamafu mematok mulai dari  Rp.27.500 untuk ukuran bento box. Untuk menu yang disajikan, Mamafu selalu menciptakan ide kreasi bento yang akan diberikan kepada para pelanggannya setiap satu minggu sekali. Uniknya, para pelanggan dapat memesan harian untuk tiap menu yang disajikan. Sehingga, selain menghemat pengeluaran pelanggan juga dimanjakan dengan menu pilihan setiap hari.

“Untuk Bento Karakter dan Tumpeng Bento, dipatok harga mulai Rp. 100.000 ukuran standart. Kalau, menginginkan bentuk lain atau ukuran lebih besar nanti disesuaikan,” terang Mamafu.

Memanfaatkan social media (Sosmed)

Dalam hal pemasaran, Mamafu cenderung memanfaatkan social media (sosmed) untuk memperkenalkan kreasi unik bento ciptaannya. Instagram dan Facebook dipercaya, lantaran sejumlah pelanggan yang dia miliki familiar dengan dua sosmed tersebut. Terkait pemesanan, Mamafu memasang nomor pribadinya supaya pelanggan dengan mudah menghubungi. Tak tanggung-tanggung, cara yang digunakan untuk menjaring konsumen ini selain melayani pesanan dari kawasan Solo Raya juga sampai ke kota lain, semisal Yogyakarta hingga Surabaya. Apalagi, dihari-hari special seperti Valentine, Natal atau perayaan pernikahan dan ulang tahun.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge