0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Aset Pemkab Karanganyar Capai Rp 2,3 Triliun

dok.timlo.net/nanang rahadian
Kantor DPPKAD Karanganyar (dok.timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Pendataan aset milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar selesai pekan lalu. Jumlah aset yang berhasil didata mencapai Rp 2,3 triliun. Aset tersebut meliputi tanah, gedung, peralatan mesin, jaringan irigasi, dan aset tetap lainnya.

“Pendataan aset diperlukan untuk menginventarisir aset milik Pemerintah Kabupaten Karanganyar. Data aset tersebut dijadikan sebagai acuan dalam rencana pembangunan,” kata Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DP2KAD) Karanganyar Sumarno, Selasa (9/2).

Pendataan aset sekaligus sebagai upaya tertib administrasi. Sehingga aset-aset yang masih tercecer dapat diketahui dan didata ulang. Menurutnya data tersebut diharapkan akan menjadi dokumen tunggal aset milik daerah sehingga tidak terjadi keberagaman data.

”Karena sebelumnya ada data yang dikelola DPPKAD, ada pula yang dikelola SKPD. Kalau data itu berbeda atau ganda, tentu akan menjadi temuan. Maka pendataan ini untuk menyesuaikan,” tambahnya.

Data aset juga dijadikan sebagai bahan penilaian Laporan Keuangan Pemerintah oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Jika data aset valid tentu menghasilkan penilaian yang baik. Seperti halnya laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang memperoleh opini wajar tanpa pengecualian (WTP) tahun 2015 lalu. Salah satu faktor keberhasilan penilaian itu karena data aset valid.

“Kini kami tengah merekapitulasi aset yang sudah terdata. Total aset yang terdata mencapai Rp 2,3 triliun yang meliputi tanah, gedung, jaringan irigasi, dan lain sebagainya. Selanjutnya data aset terbaru ini segera kita laporkan ke Bapak Bupati,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge