0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Selama 40 Hari 11 Nyawa Mati Sia-Sia

Petugas memeriksa barang bukti berupa sepeda motor kecelakaan lalu lintas (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Selama rentang waktu 40 hari, yakni mulai tanggal 1 Januari 2016 hingga tanggal 8 bulan ini, tercatat ada 46 kasus laka lantas di Wonogiri.

“Dari jumlah tersebut, korban meninggal dunia mencapai 11 orang,” ungkap Kasat Lantas Polres Wonogiri AKP Sri Ningsih Iriani mewakili Kapolres Wonogiri AKBP Windro Akbar Panggabean, Senin (8/2).

Menurutnya, kerugian material tercatat Rp 28, 3 Juta. Sementara luka berat satu orang, dan luka ringan sejumlah 42 orang.

“Jika dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu, jumlah kasus kecelakaan mengalami peningkatan. Tapi jumlah korban meninggal dan kerugiaan material mengalami penurunan,” katanya.

Dikatakan, periode sama tahun lalu tercatat ada 37 kasus lakalantas. Meninggal dunia ada 14 orang, luka berat satu, luka ringan 40, dengan kerugian material mencapai Rp 41,1 Juta. Hampir keseluruhan kasus laka itu disebabkan faktor human error. Sisanya disebabkan faktor infrastruktur jalan yang rusak, dan penyebab lain. Hampir keseluruhan korban baik meninggal, maupun luka berasal dari pengguna jalan yang menggunakan sepeda motor.

“Tingkat keselamatan berkendara untuk sepeda motor memang paling rendah. Biasanya kecelakaan terjadi karena kurang berhati-hati saat berkendara. Misalnya mendahului kendaraan di depannya dengan terlalu ke kanan, sampai keluar as jalan,” terangnya.

Untuk menekan angka kecelakaan, pihaknya sudah berupaya memberikan imbauan pada pengguna jalan agar mereka selalu sadar bahwa keselamatan sebuah kebutuhan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge