0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Siswa SMP Gelar Manasik Haji di Masjid Agung

foto: Tyo Eka
Siswa Gelar Manasik Haji di Masjid Agung (foto: Tyo Eka)

Solo – SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta mengadakan ujian praktek manasik haji di masjid agung Surakarta.

“Prosesi diawali dari sekolah yang merupakan tempat magtab atau  hotel di Mekah menuju ke arofah yang berada di depan gapura masjid agung Surakarta,” jelas Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Simpon Surakarta, Sukidi kepada wartawan, di sela-sela kegiatan, di halaman Masjid Agung Solo, Senin (8/2).

Sukidi mengatakan, pada saat wukuf di arofah dengan mendengarkan kutbah wukuf. Setelah wukuf dilanjutkan mabit di musdalifah dan dilanjutkan ke Mina dan melempar Jumrah. Setelai lempar Jumrah menuju ke Mekah untuk Tawaf dan Sai yang berada d serambi Masjid Agung Surakarta.

Pelaksanaan manasik haji tahun ini, menurut Sukidi, lebih tertib dan lancar dipandu langsung oleh ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah kota Surakarta kyai H. Subari yang juga sangat berpengalaman d bidang haji. Untuk itu
semua siswa antusias dan dapat mengikuti penjelasan dengan baik setiap kegiatan. Terakhir kegiatan d tutup dengan evaluasi dan motivasi kepada seluruh siswa.

Tujuan pelaksanaan ini adalah merupakan akhir dari ujian praktek kelas 9 dan juga mengenalkan tentang haji sehingga siswa kelas 9 bisa merasakan pelaksanaan haji dan dapat termotivasi sehingga mempunyai cita cita untuk datang ke Baitullah Mekah Almukaromah dan Nabawi al Munawaroh juga bisa berziarah ke makam Rasulullah.

Kedua, sebagai siar sekolah dan mengenalkan profil sekolah dimana bisa dilihat dan dikenal oleh masyarakat sebagai persiapan penerimaan siswa baru.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge