0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penulisan Kaligrafi Huruf China Pecahkan Rekor MURI

timlo.net/heru murdhani
Penyerahan piagam rekor MURI penulisan Kalgrafi huruf China terpanjang (timlo.net/heru murdhani)

Solo – Tangan kecil Delta menari-nari diatas gulungan kertas berwarna cokelat. Berkali-kali tampak dirinya mencelupkan kuas kedalam wadah berisi tinta bak disampingnya. Delta terlihat berkonsentrasi penuh dengan karya kaligrafinya. Sesekali dia melihat kertas yang berisi kaligrafi yang harus disalinnya di atas kertas itu.

“Ternyata susah Mas,” katanya kepada TimloNet usai menyelesaikan karya kaligrafinya, di Solo Paragon Mall, Sabtu (7/2).

Delta mengaku iseng menjadi peserta dari pemecahan rekor menulis kaligrafi China terpanjang di Indonesia itu. Dia mengatakan tadinya hanya menonton saja, kemudian tertarik untuk mengikuti.

“Saya tadi lihat, saya pikir mudah, ternyata susah banget,” ujarnya.

Delta hanyalah satu dari ratusan orang yang mengikuti acara Shufa on the street atau seni melukis indah huruf China ini. Uniknya, selain diikuti oleh masyarakat keturunan etnis Thionghoa, warga dari etnis Jawa pun turut berbaur dan mengikuti acara dalam menyambut tahun baru imlek 2567.

“Pesertanya lebih dari 500 orang, dengan panjang Kaligrafi 500 meter. Pesertanya justru lebih banyak yang bukan dari masyarakat Thionghoa. Ini bagus untuk memupuk persaudaraan, dan persatuan Republik Indonesia,” ungkap ketua Panitia Imlek Bersama, Sumartono Hadinoto.

Dia menerangkan acara ini juga mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor Internasional Indonesia (MURI) sebagai Penulisan Kaligrafi Huruf China Terpanjang di Indonesia. Rekor ini mengalahkan rekor sebelumnya pada tahun 2012 yakni sepanjang 272 meter.

Sebagai catatan, perkumpulan masyarakat Thionghoa di Solo juga pernah menerima penghargaan rekor MURI yakni Kue Keranjang Terbesar pada tahun 2002, dan Lontong Cap Go Meh terbesar pada 2005.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge