0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pendiri Startup Bernilai $250 Juta Tukar Saham Dengan Sepeda

Dok: Timlo.net/ PhoneDog.
SwiftKey. (Dok: Timlo.net/ PhoneDog.)

Timlo.net—Microsoft mengumumkan jika mereka mengakuisisi perusahaan pembuat aplikasi keyboard SwiftKey senilai $250 juta. Hal ini langsung membuat dua pendirinya menjadi jutawan. Banyak pihak yang merasa keputusan Microsoft aneh karena mereka juga memiliki aplikasi keyboard untuk Windows Phone. Rupanya perusahaan itu mengincar teknologi artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang dipakai SwiftKey untuk memprediksi kata-kata yang akan diketik pengguna.

SwiftKey merupakan salah satu aplikasi keyboard yang populer di iOS dan Android. Aplikasi itu didirikan tiga orang: Jon Reynold, Ben Medlock dan Chris Hill-Scott. Chris bergabung pada tahun 2008. Ketiganya merupakan teman sekolah. Mereka menciptakan startup ini berdasarkan impian mereka jika algoritma yang bisa memprediksi perilaku yang ada di SwiftKey akan menjadi populer.

Sayangnya, Chris tidak menikmati kesuksesan startup ini seperti yang Jon dan Ben alami saat ini. Dua bulan setelah didirikan, Chris merasakan jika kerja kerasnya di SwiftKey tidak membuahkan hasil seperti yang mereka perkirakan. SwiftKey masih menjadi startup kecil. Dia merasa kerja kerasnya selama berjam-jam di startup tersebut hanya menghasilkan sedikit uang.

Pria itu memutuskan untuk berhenti dan menukar sahamnya dengan sebuah sepeda. Dua pendiri lainnya menerima keputusan Chris dan berpisah dengannya secara baik-baik. Di satu sisi, keputusan Chris meninggalkan SwiftKey yang saat itu masih menjadi startup kecil yang tidak menghasilkan uang memang masuk akal. Kebanyakan orang lebih memilih bekerja di perusahaan yang memiliki masa depan yang pasti dan memberikan penghasilan yang tinggi. Pertanyaannya jika Chris melihat kondisi SwiftKey saat ini dan harga saham dua pendirinya yang naik tajam, apakah dia menyesal berhenti dari startup yang didirikannya itu?

Sumber: International Business Times

Editor : Ranu Ario

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge