0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Anggaran Pasar Klewer Berkurang, Pemkot Diminta Melobi Pusat

dok.timlo.net/daryono
Pembangunan Pasar Klewer, Solo (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Kalangan DPRD Solo menyoroti serius terkait berkurangnya anggaran pembangunan Pasar Klewer dari yang semula diajukan Rp 100 miliar dan dikabulkan menjadi Rp 96 miliar oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag). Dewan mendorong supaya Pemerintah Kota (Pemkot) mengambil langkah cepat dengan melobi pemerintah pusat tentang kucuran dana yang tak maksimal tersebut.

“Dengan berkurangnya dana pastinya akan berakibat pada desain awal pembangunan,” terang Wakil Ketua DPRD Solo Umar Hasyim, Sabtu (6/2).

Pihaknya khawatir, berkurangnya dana akan mengakibatkan pembangunan sandang yang terbakar akhir tahun 2014 ini mengalami perubahan secara masif. Pasalnya Dinas Pengelolaan Pasar (DPP) pernah menyebutkan bahwa pengurangan jatah anggaran mampu memaksa DED awal untuk diubah. Hal itu diyakini akan menimbulkan ekses terhadap komposisi, kualitas serta desain bangunan itu sendiri.

Maka dari itu, lanjut politisi PAN ini, dengan lobi yang dilakukan terhadap pemerintah pusat diharapkan dapat mengembalikan anggaran awal pembangunan Pasar Klewer. Mengingat, Klewer tidak hanya menjadi pasar sandangya orang Solo namun sudah menjadi pasar nasional bahkan internasional karena termasuk pasar sandang terbesar di Asia Tenggara.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi III DPRD Solo, Honda Hendarto mengungkapkan meski berkurangnya anggaran terkait pembangunan Pasar Klewer pihaknya mendesak supaya pembangunan terus dilanjutkan. Menurutnya, target yang paling dekat dan harus dilaksanakan adalah proses lelang pada triwulan pertama. Jika target tersebut meleset maka hampir dapat dipastikan pasar tersebut tidak akan selesai pada waktunya.

“Perencanaan yang matang itu yang harus dilakukan. Meski ada kendala-kendala teknis yang terjadi saat dilakukan proses pembangunan,” katanya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge