0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Setiap Mahasiswa UNS Wajib Tanam 5 Pohon

dok.timlo.net/tyo eka
Penanaman pohon di Kampus UNS (dok.timlo.net/tyo eka)

Solo — Ribuan bibit pohon ditanam secara massal dan dipimpin oleh Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Prof Dr Ravik Karsidi di Kampus UNS, Kentingan, Jebres, Solo, Jumat (5/2).

Penanaman bibit pohon, menurut Ravik, terdiri 27 jenis tanaman itu merupakan komitmen UNS untuk mewujudkan kampus hijau (green campus). Pelaksanaan green campus itu sendiri telah ditetapkan pada Agustus 2012, melalui Peraturan Rektor Nomor: 827/UN 27/KP/2013 tentang Pengelolaan Kampus Ramah Lingkungan.

Rektor UNS mengatakan, kampus yang green tidak hanya sekedar masalah penghijauan dengan adanya penanaman pohon, tetapi lebih dari itu adalah pola pikir, pola kerja dan kebiasaan untuk selalu melakukan penghematan terhadap sumberdaya alam, melakukan penghematan energi, menjaga kebersihan lingkungan, tidak mencemari lingkungan, pada kebiasaan pemanfaatan kertas sehemat mungkin, dan sebagainya.

Sementara itu, Koordinator Tim Green Campus UNS, Okit Parama Astirin mengemukakan, penanam pohon dilakukan secara bertahap. Tahap pertama ada sekitar 600 pohon, terdiri pohon langka dan buah-buahan. Seperti kepel, sala, matoa, teknoma, buni, kenari, bisbol, salak kecik, mundu, nogosari, dan lain-lain.

“Penanaman dilakukan di dalam lingkungan kampus dan di luar kampus,” terangnya.

Menurut Okit, penanaman pohon juga akan dilaksanakan oleh mahasiswa baru mulai tahun 2016.  Setiap mahasiswa diwajibkan menanam lima pohon.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge