0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Kejahatan, Perkampungan Bakal Dipasangi CCTV

timlo.net/heru murdhani
Kapolsek Serengan (paling kiri) bersama jajarannya (timlo.net/heru murdhani)

 Solo — Maraknya aksi pencurian dan pembobolan rumah kosong di kawasan Serengan, membuat kawasan ini menjadi daerah yang rawan aksi kejahatan. Untuk mencegah hal tersebut, Polsek Serengan mengimbau kepada warga sekitar untuk kembali melaksanakan kegiatan ronda malam.

“Di tingkatkan kembali untuk ronda di kampung-kampung setiap malam. Karena ini cukup bisa mencegah orang untuk membuat jahat. Bisa juga dipasang CCTV di beberapa titik di kampung, sehingga kondisi keamanan bisa terpantau terus,” ungkap Kapolsek Serengan, Kompol Edi Wibowo, Jumat (5/2).

Imbauan untuk meningkatkan kewaspadaan keamanan ini dilontarkan kapolsek bukan tanpa sebab. Baru-baru ini Polsek Serengan bekerjasama dengan Polres Sukoharjo berhasil membekuk komplotan residivis spesialis pembobol rumah kosong.

“Ada empat orang yang kami tangkap, tiga berada di wilayah hukum Polresta Solo, sedangkan satu orang di Sukoharjo. Mereka ini biasa bekerja berkelompok dalam melancarkan aksinya. Terakhir mereka membobol sebuah rumah dikawasan Serengan,” imbuh Kapolsek.

Dari pengembangan kasus tersebut, diketahui bahwa komplotan itu memiliki mata-mata untuk memilih sasaran kejahatan. Dikarenakan kondisi kampung yang relatif sepi, penjahat ini berhasil masuk dan menggasak harta benda milik korban.

“Karena masyarakat kita sekarang itu banyak yang suami dan istri bekerja, sehingga rumah jadi kosong, karenanya memang butuh pengawasan, salah satunya dengan kegiatan ronda, atau juga pengawasan CCTV.” katanya.

Dia mengatakan, karena minimnya keamanan tersebut, orang yang berniat jahat akan leluasa dalam melancarkan operasi mereka. Diadakannya ronda dan pemasangan CCTV untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge