0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Bagaimana Nasib KMP?

dok.merdeka.com
Koalisi Merah Putih (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Beda pendapat antara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra soal nasib Koalisi Merah Putih (KMP). PKS menyebut KMP tidak bisa bubar begitu saja, sementara Partai Gerindra secara tegas menyatakan bubarnya koalisi partai-partai oposisi.

Ketua DPP Gerindra Desmond Junaidi Mahesa mengaku bubarnya KMP sudah dibicarakan dalam rapat di DPR. Bahkan, kata dia, hal itu sudah dilaporkan ke Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto.

“Berdasarkan rapat kesimpulannya KMP itu sudah bubar. Pada saat kita lempar ke Pak Prabowo, Pak Prabowo menyatakan ya terserah kalian. Menurut kalian apa ya, itulah kalian yang lebih memahami persoalan DPR,” kata Desmond, Jumat (5/2).

Menurutnya, pembubaran KMP tidak harus secara formal. Apalagi masing-masing partai sudah mengambil jalan sendiri-sendiri.

“Silakan saja masing-masing kita bubarin enggak perlu ada deklarasi ulang,” tegasnya.

Sesungguhnya, Desmond berharap partai-partai yang berada di dalam KMP tetap di jalurnya sebagai penyeimbang pemerintah. Tanpa partai oposisi yang rajin mengkritisi, pemerintah bisa otoriter. Dia menyayangkan satu persatu partai di KMP berbelok mendukung pemerintah.

“Kami dalam rangka cek and balance gitu lho. Kalau itu tidak berfungsi, ngapain kita bicara KMP-KIH? KMP ini kan semangat untuk mengkritisi pemerintah yang tidak pro rakyat.Kalau tidak ada yang mengkritisi program pemerintah, kan pemerintah jadi otoriter. Suara rakyat tidak didengar lagi,” ucapnya.

[noe]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge