0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Belum Setahun, Aspal Jalan di Wonogiri Mengelupas

Jalan Wonogiri-Ngadirojo berlubang (dok.timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Belum genap setahun proyek yang dikerjakan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, yakni pengaspalan jalan propinsi Wonogiri-Ngadirojo, tepatnya di Kelurahan Bulusulur hingga Desa Jatibedug mengelupas dan berlobang. Jalur Wonogiri-Ngadirojo merupakan jalur padat, sehingga jika kondisi seperti ini dikhawatirkan membahayakan pengguna jalan.

“Umur jalan ini baru enam bulan, peningkatan ketebalan aspal jalan dikerjakan menjelang Lebaran 2015 lalu tapi sudah rusak lagi,” ujar warga Ngadirojo, Aan, Jumat(5/2).

Menurut dia, lubang jalan tersebut berada tepat di bagian pinggir. Bahkan, dua jalur terdapat lubang-lubang dengan kedalaman lima centimeter. Saat hujan deras, lubang jalan itu semakin melebar. Jika malam hari, jalur tersebut minim penerangan. Tak ayal banyak pemotor yang terjerembab dalam lubang.

“Tadi malam pas jalan ramai, saya tidak tahu kalau di depan saya ada lubang. Pasalnya lubang itu tertutup genangan air, tiba-tiba saja ban depan motor saya masuk ke dalam lubang, velg depan saya pecah seketika,” ujarnya.

Hal senada diutarakan Bintoro, warga Desa Jatibedug. “Bahkan, pekan lalu lubang jalan itu ditambal tapi sudah mengelupas lagi,” katanya.

Menanggapi kerusakan ruas jalan Wonogiri-Ngadirojo, Ketua Komisi III DPRD Wonogiri Bambang Sadriyanto pun angkat bicara. Ia mendesak Pemprop Jateng segera memperbaiki jalan yang rusak. Pihaknya juga mempertanyakan tanggung jawab rekanan. Hal itu tidak lepas dengan kualitas pekerjaan.

“Kami akan segera berkoordinasi dengan pihak propinsi agar tidak main-main dengan pekerjaan atau proyek-proyek di daerah,” jelasnya.

Terpisah, Kepala DPU Wonogiri Sri Kuncoro menegaskan, sejauh ini pihaknya belum melakukan pengecekan kondisi jalan. Lantaran ruas jalan tersebut merupakan kewenangan propinsi. Namun demikian, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan propinsi untuk per baikan maupun penambalan.

“Setahu saya paket peningkatan jalan di Wonogiri menjelang Lebaran 2015 lalu sekitar Rp 5 miliar, untuk pengerjaan sejumlah ruas jalan, salah satunya ya ruas jalan Selogiri-Wonogiri-Ngadirojo,” tandasnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge