0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada Virus Zika, Pemkot Solo Keluarkan SE PSN

dok.timlo.net/red
Pemeriksaan sarang nyamuk (dok.timlo.net/red)

Solo – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal mengeluarkan surat edaran (SE) perintah pemberantasan sarang nyamuk (PSN). SE itu dikeluarkan menyusul himbauan dari Kementerian Kesehatan perihal kewaspadaan merebaknya virus Zika di dunia.

“Virus Zika itu dibawa oleh perantara yang sama dengan DBD dan Chikungunya yakni nyamuk Aedes Aegypti. Oleh karena itu, kita mengajak masyarakat untuk meningkatkan PSN. SE Walikota terhadap antisipasi serangan DBD dan Zika ke semua instansi sedang disiapkan,” kata kata Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo, Efi S. Pertiwi kepada wartawan, Jumat (5/2).

Menurut Efi, SE Walikota itu saat ini tinggal menunggu tandatangan Penjabat (Pj) Walikota Budi Yulistianto. SE itu bakal dikirim ke semua instansi di bawah Pemkot seperti kecamatan dan kelurahan  serta instansi pendidikan dan swasta.

Dengan menggiatkan PSN, Efi berharap pertumbuhan dan populasi nyamuk terutama nyamuk Aedes Aegypti bisa diberantas. Dengan demikian, potensi penularan virus Zika melalui nyamuk Aedes Aegypti bisa dicegah termasuk DBD dan Chikungunya.

Selain itu, lanjut Efi, saat keluar rumah, anak kecil ataupun orang dewasa disarankan menggunakan baju tertutup. Semisal baju lengan panjang, jaket dan celana panjang. Hal itu diharapkan mengurangi area terbuka tubuh untuk menghindari gigitan nyamuk.

Disinggung laporan tentang virus Zika, Efi menyampaikan hingga saat ini belum ada laporan tentang virus Zika di Solo. Meski belum ada laporan, Efi meminta masyarakat untuk tetap waspada.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge