0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PHRI Dorong Hotel dan Pemkot Berbenah

timlo.net/setyo pujis
Ketua PHRI Solo, Abdullah Soewarno (tengah) (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo dorong para pelaku bisnis hotel untuk bisa meningkatkan kinerjanya. Hal itu diperlukan agar dapat mengoptimalkan pasar, khususnya diera Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Untuk meningkatkan sektor pariwisata, ada dua hal yang harus dilakukan. Diantaranya adalah perbaikan produk dan meningkatkan kualitas layanan atau servis,” ujar Ketua PHRI Solo, Abdullah Soewarno kepada wartawan, Kamis (4/2).

Dirinya mengatakan, produk bisa dilihat dalam berbagai aspek, mulai dari properti, taman dan fasilitas lain sesuai dengan standar kelasnya. Sementara servis adalah pelayanan yang diberikan, hal ini menyangkut dengan kapasitas SDM yang bersangkutan.

“Selama ini kalau saya melihat masih ada beberapa hotel yang masih kurang memperhatikan servis pelayanan kepada tamu. Padahal servis itu menentukan 70 persen usaha pariwisata,” jelasanya.

Selain itu, ia juga mendorong agar pemerintah kota (pemkot) Solo lebih memperhatikan sektor pariwisata. Baik melalui penciptaan destinasi wisata baru maupun perbaikan pengelolaan destinasi yang sudah ada.

“Kedepan kita berharap agar pemkot tidak hanya melihat dari okupansi dan pajak saja, tapi juga membuat terobosan baru terkait destinasi agar dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge