0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pakar Budaya UNS : Imlek Pasar Gede Perlu Manajemen Mentalitas

Tunjung W Sutirto (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Pakar Budaya Universitas Sebelas Maret (UNS), Tunjung W Sutirto mengingatkan, kegiatan Imlek yang saat ini berlangsung di kawasan Pasar Gede Solo perlu dipikirkan manajemen mentalitas di dalam perayaan religius ini.

“Karena suatu saat nanti pasti berbenturan dengan even-even yang sifatnya keagamaan juga yaitu Islam, karena kalender Islam maju terus, sedang Imlek itu konstan. Suatu saat pasti akan berlangsung berbarengan,” jelas Tunjung kepada Timlo.net, terkait kegiatan Imlek di kawasan Pasar Gede, di Kampus UNS, Solo,

Oleh karena itu, kalau saat ini sudah terjadi simbolisasi yang begitu massif di kawasan Pasar Gede, kemudian suatu saat berbarengan keraton menyelenggarakan sekaten di wilayah Gladag ke selatan. Agar tidak terjadi gesekan dalam pengertian perang simbol, maka mulai saat ini perlu segera dipikirkan bagaimana manajemen sosial den mentalnya.

“Jangan sampai nanti terjadi jor-joran symbol, misalnya selatan lampion bersimbol asmaul husna, sedang utara bersimbol shio. Kalau semata dipandang sebagai tontonan gak masalah, lain halnya kalau ada yang memaknai sebagai mental. Karena itu harus disiapkan,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge