0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tak Punya Pasangan, Sebagian Satwa TSTJ Hidup Menjomblo

dok.timlo.net/setyo
Pintu masuk TSTJ (dok.timlo.net/setyo)

Solo – Sejumlah satwa koleksi Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) diketahui hidup tanpa pasangan alias menjomblo. Kondisi tersebut mengkhawatirkan lantaran mengancam keberlangsungan satwa kedepan.

“Sebagian satwa memang tidak punya pasangan. Bisa dikatakan kondisi satwa tidak sejahtera karena pasangan itu salah satu indikator kesejahteraan satwa,” kata Direktur TSTJ, Bimo Wahyu Widodo Dasir Santoso kepada wartawan, belum lama ini.

Bimo menerangkan, beberapa satwa yang menjomblo antara lain buaya, beruang madu, macan tutul dan kudanil. Tiga buaya milik TSTJ itu diketahui berjenis kelamin betina semua. Begitupun dengan beruang madu, macan tutul dan kudanil, semuanya berjenis kelamin betina dan tanpa pasangan jantan.

“Sedangkan koleksi berupa banteng, unta serta lutung hitam semuanya jantan. Tidak ada betinanya,” ungkap dia.

Bimo melanjutkan, hingga saat ini, jenis satwa yang dimiliki TSTJ sejumlah 53 jenis dengan total satwa sebanyak 263 ekor satwa. Saat ini, pihak TSTJ sedang berusaha agar satwa-satwa yang menjomblo bisa segera memiliki pasangan. Bimo mengaku sedang berkoordinasi dengan Persatuan Kebung Binatang Seluruh Indonesia.

Selain bisa memberikan kesejahteraan melalui pemenuhan kebutuhan biologis, penyediaan pasangan juga bertujuan agar satwa itu bisa berkembang biak.

“Sehingga populasinya di Indonesia bisa bertambah,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge