0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelantikan Bupati/Wakil Bupati Tunggu Keputusan Mendagri

timlo.net/agung widodo
Pasangan Yuni-Dedy menerima surat penetapan Bupati dan Wakil Bupati Sragen terpilih dari Ketua KPU (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Masyarakat diminta agar bersabar sampai ada surat keputusan (SK) dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) terkait pelantikan Bupati/Wakil Bupati terpilih. Saat ini tengah dilakukan konsultasi ke Kemendagri mengenai waktu pelantikan.

“Kita akan taati nanti bagaimana aturannya dan petunjuk Kemendagri. Saya minta masyarakat sabar menanti kepastian hasil konsultasi dari Kemendagri,” kata Ketua DPRD Sragen, Bambang Samekto, Kamis (4/2).

Menurut dia, konsultasi dilakukan untuk mendapatkan kepastian hukum. Pasalnya, untuk Kabupaten Sragen berbeda dengan kabupaten/kota lain, di mana Akhir Masa Jabatan (AMJ) yang saat ini masih dijabat Agus Fatchur Rahman akan berakhir pada 4 Mei 2016 mendatang.

Sementara pelantikan bupati/walikota hasil Pilkada serentak bakal dilakukan dalam tiga tahap, yaitu bulan Februari, Maret dan Juni.

“Sragen yang AMJ-nya baru berakhir Mei, pelantikan bupati terpilihnya masuk tahapan mana, itu yang kita konsultasikan,” jelasnya.

Sementara Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman akan menyerahkan perihal pelantikan tersebut kepada putusan Mendagri. Namun berdasarkan Surat Keputusan (SK) Mendagri saat pelantikan pada 4 Mei 2011 lalu, SK itu akan berlaku selama lima tahun sehingga masa pemerintahannya baru akan berakshir 4 Mei 2016.

“Tapi kalau pelantikan sebelum itu, juga tidak masalah. Yang jelas sesuai SK, hak dan kewajiban saya harus saya selesaikan sampai 4 Mei 2016,” kata Agus.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge