0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

BPJS Kesehatan Akan Beri Sanksi Bagi Perusahaan Bandel

Kepala BPJS KesehatanSolo, Bimantoro (tengah) saat menyampaikan materi (timlo.net/setyo pujis)

Solo – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Solo akan memberikan sanksi bagi perusahaan yang tidak mendaftarkan karyawan dalam program Jaminan Kesehatan Nasional. Bahkan untuk meningkatkan kepatuhan, BPJS Kesehatan telah menggandeng Kejaksaan Negeri sebagai upaya penindakan.

“Koordinasi dengan Dinsosnakertrans dan Kejaksaan Negeri di setiap Kabupaten dan Kota saat ini terus kita lakukan. Karena sesuai dengan regulasi yang ada, bahwa setiap perusahaan berkewajiban mendaftarkan karyawannya dalam program JKN,” ujar Kepala Kantor Cabang BPJS Kesehatan Solo, Bimantoro kepada wartawan, Rabu (3/2).

Dirinya mengatakan, langkah itu dilakukan karena masih banyak ditemukan beberapa perusahaan di wilayah Soloraya yang bandel dan tidak mendaftarkan karyawannya dalam program JKN.

“Dari survei yang kita lakukan masih ada sekitar 20 persen perusahaan swasta yang belum patuh terhadap aturan. Oleh karena itu berbagai upaya terus kita lakukan, termasuk pemberian sanksi perijinan usaha,” jelasnya.

Ribuan karyawan yang belum terdaftar tersebut, menurutnya rata-rata adalah dari sektor pekerja formal. Sebagai bentuk pengawasan, pihaknya juga berharap agar masyarakat bisa pro aktif untuk melaporkan kepada BPJS Kesehatan jika ada informasi tentang perusahaan yang belum mendaftarkan karyawannya.

“Asalkan informasi yang diberikan jelas pasti akan segera kita tindaklanjuti,” tukasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge