0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jaksa Agung : Gafatar Menyimpang Atau Tidak, Masih Diteliti

timlo.net/tarmuji
Jaksa Agung HM Prasetyo saat kunker di Kejari Wonogiri (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri – Badan Koordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan Masyarakat (Bakorpakem) bakal memeriksa ajaran Gafatar yang diduga menyimpang tersebut. Bakorpakem terdiri dari Kejaksaan Agung, Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, TNI, Polri, MUI, Forum Lintas Agama.

“Tim telah melakukan pembahasan terkait Gafatar sekaligus sedang kami periksa dan kami teliti ajarannya ada penyimpangan atau tidak, “ungkap Ketua Bakorpakem yang juga Jaksa Agung HM Prasetyo saat ditemui wartawan saat melakukan sidak di kantor Kejaksaan Negeri Wonogiri, Rabu (3/2).

Menurutnya, Gafatar merupakan metamorfosis Al Qiyadah al Islamiyah pimpinan Ahmad Musadeq yang pernah dihukum empat tahun untuk penodaan agama.

“Ada dalam doktrin Gafatar, orang islam tidak usah sembahyang, tidak usah puasa, tidak naik haji. Dan bahkan suara adzan itu hanyalah nyanyian. Maka dari itu, kemarin Jamintel memanggil pimpinan Gafatar, sebenarnya kaya apa sih ajaran Gafatar itu,” jelasnya.

Untuk selanjutnya, terkait pembinaan dan penanganan warga pengikut Gafatar yang dipulangkan ke daerah masing-masing, saat ini menjadi tanggung jawab Pemerintah daerah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge