0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir, Warga Kawasan Tanggul Siap Untuk Pindah

dok.timlo.net/achmad khalik
Tanggul Semanggi (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Hujan deras yang terjadi belakangan hari terakhir mengakibatkan sedikitnya lima RW di Kelurahan Semanggi, Pasar Kliwon tergenang. Kondisi ini mengharuskan mereka untuk siap direlokasi ke tempat yang lebih aman jika kondisi makin memburuk.

“Rendaman terjadi sekitar 30 cm. Air diketahui mulai meninggi pada malam hari sekitar pukul dua belas malam akibat meluapnya Kali Jenes, Semanggi. Sebagian masyarakat pun tidak tidur untuk berjaga-jaga apabila terjadi banjir yang lebih besar,” kata tokoh masyarakat Semanggi, Pasar Kliwon, Ekya Sih Hananto, Rabu (3/1).

Pria yang juga anggota legislatif ini mengaku, sejumlah masyarakat sempat berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solo terkait peristiwa tersebut. Namun, pihak BPBD hanya menawarkan pembersihan lumpur paska luapan air dari kali Jenes tersebut. Disebutkan, wilayah yang tergenangi antara lain RW 17, RW 21, RW 02, RW 13 serta RW 15 dan 16.

“Rumah warga yang berada di sepanjang Kali Jenes kena semua,” kata Anggota Komisi I DPRD Solo ini.

Selain genangan di sejumlah rumah warga, pihaknya juga mendapat laporan jika tanah di tanggul Kali Jenes dikawasan RW 23 juga mengalami retak. Pihaknya, juga telah mendatangi langsung lokasi yang dimaksud. Setelah dilihat, dirinya langsung melapor kepada pihak-pihak yang berkepentingan agar segera ditindaklanjuti. Dikhawatirkan jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan jebol dan menggenangi warga sekitar.

“Ini sudah sangat mengkhawatirkan,” ucapnya.

Sementara, Ketua Komisi II DPRD Solo YF Sukasno mendesak pemkot untuk melaporkan temuan di masyarakat tersebut ke Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan segera merealisasikan rencana peninggian tanggul di daerah aliran Sungai Bengawan. Ia pun juga akan menindaklanjuti keiinginan warga yang ingin direlokasi.

“Realisasinya akan segera dibahas,” kata dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge