0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jokowi-Menteri LH Norwegia Bertemu, Bahas Perubahan Iklim

merdeka.com
Jokowi-Menteri LH Norwegia Bertemu di istana Negara (merdeka.com)

Timlo.net – Menteri Lingkungan Hidup (LH) Norwegia, Vidar Helgesen bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara. Pertemuan ini membahas isu perubahan iklim global.

“Menteri Vidar sudah di Jakarta sejak kemarin dan beliau sudah diskusi dengan Menteri Keuangan menyangkut mekanisme dari dana-dana letter of intent Indonesia-Norway sejak tahun 2011 lalu,” ujar Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar usai menggelar rapat, Rabu (3/2).

Dalam rapat, lanjut Siti, Vidar membahas perubahan iklim dari aspek kehutanan.

“Soal kehutanan ini kami bahas mengenai penegakan hukum, moratorium dan sebagainya,” tuturnya.

Kepada presiden, Vidar memberikan apresiasi terkait moratorium kehutanan tentang pengelolaan lahan gambut. Dalam rapat, presiden kemudian menegaskan tidak ada lagi izin baru lahan gambut yang sebelumnya telah memiliki izin.

“Tidak boleh ada lagi pembukaan lahan baru yang sudah ada izinnya apabila belum dibuka lahannya,” jelasnya.

“Bentuk kebijakan pak presiden sekarang udah diproses dalam revisi PP 71 tentang pengelolaan di lahan gambut yang akan mempertegas kebijakan izin lahan gambut yang sebenarnya dasar hukumnya sangat kuat,” sambung Siti.

Untuk mendukung hal tersebut, pemerintah Norwegia memberikan dana bantuan senilai USD 1 miliar.

“Dana tersebut dibagi beberapa tahap. Sekarang sudah masuk tahap kedua. Secara keseluruhan berarti ada agenda perubahan iklim yang khusus terkait restorasi lahan gambut,” tandasnya.

[rhm]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge