0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ndalem Joyokusuman Resmi Milik Pemkot Solo

Jaksa Agung HM Prasetyo secararesmi menyerahkan Ndalem Joyokusuman kepada Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Yulistianto (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Ndalem Joyokusuman resmi diserahkan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Solo, Rabu (3/2). Penyerahan aset senilai Rp 25 miliar itu dilakukan langsung oleh Jaksa Agung HM Prasetyo di pendopo Ndalem Joyokusuman.

Proses penyerahan Ndalem Joyokusuman yang terletak di Kelurahan Gajahan, Pasar Kliwon itu ditandai dengan penandatanganan surat penyerahan dan berita acara penyerahan oleh Jakgung HM Prasetyo dan Penjabat (Pj) Walikota Solo Budi Yulistianto. Penyerahan juga dihadiri Walikota Solo terpilih FX Hadi Rudyatmo.

“Sesuai keputusan Mahkmah Agung tanggal 13 Agustus 2008 terhadap terdakwa Wijanarko Puspoyo, bangunan dan tanah Ndalem Joyokusuman ini dirampas negara. Prosesnya panjang hingga kemudian dihibahkan ke Pemkot Solo,” kata HM Prasetyo di sela penyerahan.

Prasetyo mengungkapkan, dengan penyerahan Ndalem Joyokusuman hari ini, secara resmi rumah seluas 11 ribu m2 itu resmi menjadi milik Pemkot Solo. Prasetyo berharap, setelah dikelola Pemkot, Ndalem Joyokusuman bisa bermanfaat bagi masyarakat Solo.

“Memang ada pihak-pihak yang meragukan kemampuan Pemkot mengelola. Tetapi saya yakin Pemkot mampu mengelola. Bangunan ini juga menjadi saksi bisu kejayaan arsitektur jawa,” ujar dia.

Usai penyerahan, Prasetyo meninjau beberapa bagian bangunan Ndalem Joyokusuman seperti Ndalem Ageng dan sentong (kamar).

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge