0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hujan Deras, 5 Desa di Bayat Terendam Banjir

SDN 4 Wiro yang terendam banjir (timlo.net/aditya wijaya)

Klaten —¬†Sedikitnya lima desa di Kecamatan Bayat terendam banjir. Pasalnya, hujan deras yang mengguyur Klaten, Selasa (2/2), mengakibatkan sungai Dengkeng yang melintasi kecamatan Bayat luber ke pemukiman.

“Selain Desa Wiro, ada Desa Kebon, Talang, Paseban, dan Desa Jotangan,” kata Camat Bayat Edy Purnomo saat ditemui ditemui di Desa Wiro, Rabu (3/2).

Menurut dia, terparah dan selalu menjadi langganan banjir setiap kali musim hujan adalah wilayah Desa Wiro. Pasalnya, selain terkena luapan air Sungai Dengkeng juga terkena luberan Sungai Kuning.

“Desa ini (Wiro) diapit Kali Dengkeng dan Kali Kuning. Seperti semalam, ketinggian air bervariasi dari 30 hingga 90 cm. Tapi karena sudah terbiasa, warga sudah mengantisipasinya dengan meninggikan rumah,” kata Edy.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Dusun (Kadus) Wiro, Aris. Guna mengantisiapasi luapan air masuk pemukiman, warga memasang papan kayu untuk menutup gorong-gorong. Pasalnya tahun lalu banjir masuk pemukiman hingga sepaha orang dewasa.

“Kalau sawah mayoritas terendam semua. Karena ini kan tempuran (pertemuan) antara Kali Dengkeng dan Kali Kuning. Tapi paling dua hari kedepan kalau enggak hujan sudah surut,” kata Kadus Wiro yang membawahi tiga RW itu.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge