0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Mulai 2017, SMA/SMK Bakal Dikelola Pemprov

Ilustrasi Pelajar SMA saat merayakan kelulusan (timlo.net/agung widodo)

Sragen – Mulai tahun 2017 mendatang, pengelolaan SMA dan SMK rencananya bakal diambil alih pemerintah provinsi. Ini berdasarkan Undang-Undang No 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah. Sehingga pemerintah kabupaten/kota nantinya hanya menangani Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Pengambil alihan wewenang ini termasuk administrasi kepegawaian seperti penggajian guru, pengangkatan kepala sekolah, sarana prasarana, mutasi guru dan lain-lain,” kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sragen, Hadi Sutopo, Selasa (2/2).

Hadi mengatakan, pemindahan kewenangan itu bertujuan untuk memudahkan Pemprov menyeragamkan kebijakan pengelolaan sekolah. Pihaknya sudah melakukan proses penataan sarana prasarana termasuk personalia terkait pengalihan kewenangan pengelolaan SMA/SMK.

Dikatakannya, proses pendataan itu memerlukan waktu yang cukup lama. Tahapan pelimpahan wewenang pengelolaan sudah dimulai sejak November 2015.

“Semua proses yang berkaitan dengan administrasi berita acara tersebut dijadwalkan sudah ditandatangani bupati untuk selanjutnya diserahkan kepada gubernur pada Oktober 2016 mendatang,” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge