0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Cara ini Bisa Bikin Warga Tertarik Datang ke Poskamling

dok.timlo.net/gg
Pos Kamling (dok.timlo.net/gg)

Solo — Banyaknya Poskamling di Kota Solo yang mangkrak bahkan beralih fungsi cukup membuat prihatin banyak pihak. Mereka menilai, perkembangan jaman serta kesibukan masyarakat menggerus nilai kebersamaan hingga ketingkat perkampungan.

“Tidak dapat dihindari, kesibukan masyarakat yang bekerja dari pagi hingga malam hari membuat sepi Poskampling,” terang Ketua RW 004 Tegalrejo, Jebres, Suranto.

Pria yang juga anggota DPRD Kota Solo ini berpendapat, Poskampling memiliki fungsi strategis dalam menjaga keamanan suatu wilayah. Ketika sistem keamanan suatu wilayah mulai lengah maka kejahatan bersifat pencurian akan rentan terjadi.

Seharusnya, kata Suranto, masyarakat sadar akan keamanan di kawasan mereka sendiri. Disamping memiliki fungsi menjaga keamanan, Poskamling juga dapat mempererat kerukunan antar warga di kawasan tersebut.

“Namun ada juga warga yang memilih membayar denda supaya bebas dari jadwal ronda. Padahal, di Poskamling itu memang dibuat jadwal jaga supaya masyarakat mengenal satu dengan yang lain,” kata anggota Komisi IV ini.

Untuk meningkatkan minat menyambangi Poskamling hendaknya masyarakat mampu menghadirkan daya tarik tersendiri di tempat tersebut. Entah itu berupa hiburan televisi ataupun permainan catur dan karambol. Dengan adanya daya tarik yang ada tersebut, diharapkan masyarakat dapat berbondong-bondong mendatangi Poskamling dengan kesadaran mereka.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge