0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Eks Anggota Gafatar Harus Dirangkul

dok.timlo.net/daryono
Ketua Fraksi PKS DPRD Solo, Sugeng Riyanto (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo didesak supaya serius dalam melakukan penanganan terhadap eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) yang dipulangkan ke kampung halamannya. Hingga kini, eks anggota Gafatar yang mencapai belasan ditampung oleh PMI Cabang Solo.

“Penangannya harus komperhensif. Tidak bisa sepotong-sepotong. Dan harus melibatkan seluruh stakeholder dan masyarakat Kota Solo,” kata Ketua Fraksi PKS DPRD Solo, Sugeng Riyanto, Senin (1/2).

Seharusnya, kata Sugeng, Pemkot langsung melakukan tindakan nyata dengan mencarikan penampungan layak kepada para eks anggota Gafatar. Disamping itu, juga merangkul masyarakat supaya tidak memberikan stigma negatif terhadap mereka.

“Eks anggota Gafatar ini juga dapat dirangkul, supaya memberikan testimoni agar masyarakat tidak terjebak oleh paham menyimpang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Sugeng mengatakan, dalam waktu dekat Pemkot harus memberikan solusi nyata dari sisi kemanusian untuk mereka. Mengingat, mereka juga masih memiliki hak yang sama layaknya anggota masyarakat.

“Hanya saja, ideologi mereka menyimpang. Mereka perlu dibina dan diluruskan kembali supaya mampu bergaul dengan warga yang lain,” terangnya.

Informasi yang dihimpun, belasan eks anggota Gafatar asal Kota Solo masih berada di penampungan PMI cabang Solo. Mereka diberikan waktu tiga hari, sejak Sabtu (30/1) kemarin untuk mencari tempat tinggal. Meski begitu, para anggota eks Gafatar tersebut enggan untuk dikembalikan ke lingkungan asal sesuai yang tercantum di kartu tanda penduduk (KTP). Mengingat, mereka telah menjual harta benda dan dicap miring oleh masyarakat tempat mereka tinggal.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge