0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diterjang Banjir, Jembatan Santren Digelontor Dana Rp 1,2 M

timlo.net/nanin
Jembatan darurat Santren, pengguna jalan harus extra hati-hati melintasi terutama saat hujan (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali tahun ini bakal membangun jembatan Santren, Tawangsari, Teras, yang ambrol dihantam banjir bandang Februari tahun lalu. Anggaran yang telah disiapkan sebesar Rp 1,2 Miliar.

“Tahun ini kita bangun, Jembatan Santren ini menjadi prioritas kami,” kata Kabid Bina Marga DPU dan ESDM Boyolali, Nyoto Widodo, Senin (1/2).

Selain Jembatan Santren, pihaknya juga akan membangun dan memperbaiki 10 jembatan lainnya. Proyek jembatan yang mendapat alokasi anggaran cukup banyak antara lain Jembatan Bugel, Canden, Sambi, Jembatan Pulutan, Nogosari dan Jembatan Kalilantung Desa Bengle, Wonosegoro.

Sementara itu dari pantauan di Jembatan Santren, saat ini telah berdiri jembatan darurat yang terbuat dari bambu. Namun, jembatan darurat ini hanya bisa dilalui sepeda motor. Kondisi ini sangat merepotkan kalangan petani warga Tawangsari yag memiliki sawah di Desa Mojolegi, pasalnya jembatan tidak bisa dilalui traktor.

“Ya terpaksa harus dipreteli dulu,baru bisa melintas,” ungkap Surip, warga Tawangsari.

Pengguna jalan yang melintas di Jembatan darurat harus ekstra hati-hati, terutama bila hujan turun. Kondisi jembatan yang berada di atas Kali Putih sangat licin. Jembatan Santren sendiri menghubungkan tiga desa, yaitu Desa Tawangsari dan Desa Mojolegi, Kecamatan Teras serta Desa Brajan, Kecamatan Mojosongo. Setelah jembatan putus, warga Desa Tawangsari atau Brajan yang akan ke Mojolegi harus memutar kurang lebih tujuh kilometer atau harus kembali melalui jalan raya dan mengambil rute Tlatar-Simo.

Disisi lain, Kades Tawangsari, Yayuk Tutik Supriyanti, berharap pembangunan jembatan Santren yang dibangun sekitar tahun 1970-an tersebut segera dibangun. Jembatan tersebut selama ini digunakan untuk roda perekonomian, terutama mengangkut hasil pertanian ke pasar.

“Kami berharap DPU ESDM segera merealisasikan, apalagi sudah dianggarkan, lebih cepat lebih bagus,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge