0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Awal Februari, Harga Sejumlah Komoditas Anjlok

Pedagang cabe di pasar (dok.timlo.net/setyo pujis)

Solo – Harga sejumlah komoditas di Pasar Legi Solo berangsur turun sejak beberapa pekan terakhir. Hal itu dipengaruhi oleh adanya panen raya di sejumlah daerah, sehingga pasokan barang berlimpah.

“Mungkin karena barangnya berlimpah jadi harganya turun drastis jika dibandingkan minggu lalu,” ujar salah satu pedagang di Pasar Legi Solo, Sri Rahayu kepada Timlo.net, Senin (1/2).

Dirinya mengatakan, untuk harga bawang merah dari sebelumnya Rp 25 Ribu per kilogram sekarang turun menjadi Rp 12 Ribu per kilogram, bawang putih dari sebelumnya Rp 27 Ribu per kilogram sekarang menjadi Rp 26 Ribu per kilogram, kentang dari sebelumnya Rp 15 Ribu per kilogram sekarang Rp 10 Ribu per kilogram.

“Meskipun harga cenderung turun dan mendekati perayaan Imlek, namun permintaan dari masyarakat tetap stabil atau tidak ada peningkatan,” jelasnya.

Hal sama juga terjadi untuk komoditas cabe. Salah satu pedagang cabe, Santo menyampaikan jika beberapa jenis cabe harganya anjlok sejak lima hari terakhir. Hal itu terjadi karena daerah produsen di beberapa daerah pemasok sedang panen raya.

“Untuk pasokan barang kita ambil dari beberapa daerah, seperti Cepogo, Tawangmangu dan Klaten. Menurut informasi sekarang ini sedang panen raya makanya stok berlimpah,” terangnya.

Ia menjelaskan, jika untuk cabe rawit merah dari sebelumnya Rp 30 Ribu per kilogram sekarang anjlok menjadi Rp 17 Ribu per kilogram, cabe rawit putih dari sebelumnya Rp 17 Ribu per kilogram sekarang hanya Rp 13 Ribu per kilogram, sedangkan cabe merah kriting dari sebelumnya Rp 35 Ribu per kilogram sekarang hanya Rp 25 Ribu per kilogram.

“Karena harganya turun, permintaan dari pelanggan ikut meningkat sekitar 50 persen jika dibandingkan kondisi sebelumnya,” tandas dia.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge