0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diguyur Hujan Deras, Rumah Mbah Joyo Ambruk

Puing bangunan rumah milik Joyo Lasiyem (65) warga Dukuh Banyuripan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten yang roboh diguyur hujan (dok.timlo.net/aditya wijaya)

Klaten — Diguyur hujan deras, rumah milik Joyo Lasiyem (65), warga Dukuh Banyuripan, Desa Jimbung, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Minggu (31/1) malam, rubuh. Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

“Sore harinya hujan deras. Kemudian sekira pukul 18.30 WIB ada suara kreteg-kreteg lalu roboh,” kata putra pemilik rumah, Setyowati (33), Senin (1/2).

Dikatakan, dinding rumahnya terbuat dari gamping dan berusia tua. Sementara rangka penyangga genteng berbahan bambu. Beruntung yang roboh adalah ruang dapur berdekatan kandang kambing sehingga tidak menelan korban jiwa.

“Bukan karena angin, kemungkinan atap enggak kuat menahan limpahan hujan karena bambunya sudah rapuh dan temboknya terbuat dari campuran gamping. Kalau yang tinggal di sini, saya, Simbah (Joyo Lasiyem), dan tiga anak saya. Setelah roboh semalam langsung ngungsi ke rumah saudara di Tegal Purno yang masih satu desa,” kata Setyowati.

Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Jimbung Siti Sumarsih menjelaskan, rumah korban sudah dua kali diajukan menerima bantun Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). Namun karena status  lahan masih ngindung, perbaikan rumah tidak dapat dilakukan.

“Memang kategorinya RTLH. Setelah lapor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), disarankan dirobohkan. Nanti dari BPBD ada bantuan berupa logistik dan alat rumah tangga saat gotong royong,” jelas Siti.

Sementara itu, Plt Kepala Pelaksana BPBD Klaten Bambang Soedjarwo menerangkan, sudah mengecek lokasi kejadian. Direncanakan, Minggu (7/2) mendatang, warga bersama relawan, Koramil, dan Polsek setempat berencana melaksanakan gotong royong dan membuat rumah darurat.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge