0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Haral Melintang Bersepeda Ajari Anak Tertib Berlalulintas

dok.timlo.net/achmad khalik
Siswa SD ikuti haral lintang bersepeda (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Gunawan, bocah kelas V SD Purworejo, Banjarsari, Solo ini nampak antusias dan luwes saat melewati sejumlah rintangan dengan menggunakan sepeda kecilnya. Tak hanya itu, ia juga tertib mentaati peraturan rambu yang dipasang dalam sebuah simulasi halang rintang di sekolah tersebut.

Meski begitu, banyak diantara teman-temannya yang gagal melewati simulasi dengan materi uji ketrampilan, rintangan dan keseimbangan. Bahkan, sejumkah siswa yang akhirnya menyerah dan tidak melanjutkan simulasi yang diadakan mahasiswa Kerja Nyata Nyata (KKN) 2016 UNS Kelompok III Kota Solo dan Dinas Perhubungan Informasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Solo.

Ketua Mahasiswa KKN 2016 UNS kelompok III, Safina Motik mengatakan, dipilihnya kegiatan tersebut untuk menamkan ketrampilan bersepeda sejak dini kepada para siswa Sekolah Dasar (SD). Disamping itu, sejak usia dini anak-anak juga ditanamkan jiwa untuk mematuhi peraturan di jalan raya.

“Jadi, saat mereka dewasa nanti selalu taat akan peraturan lalu lintas,” terang Safina, Senin (1/2).

Di tempat yang sama, Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Ari Wibowo mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar para mahasiswa tersebut. Menurutnya, dengan penanaman jiwa disiplin saat menggunakan kendaraan di jalan umum maka akan membentuk karakter mereka. Sehingga, ketika mereka dewasa akan menghargai pengguna jalan lain.

“Tidak seenaknya saja di jalan. Selain berbahaya untuk diri sendiri juga pengguna jalan yang lain, ketika tidak menguasai kendaraan yang dia naiki,” terangnya.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge