0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dewan: Rasionalisasi PNS Tutup Peluang K2

Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetyo (dok.timlo.net/daryono)

Solo — Rasionalisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tahun ini dinilai sebagian kalangan membuat gamang posisi Pemkot Solo. Dengan keputusan tersebut, peluang CPNS dari kategori 2 (K2) diangkat sebagai PNS nyaris tertutup.

“Kalau posisinya seperti ini terus, Pemkot Solo pasti goyah. Pasalnya, kekurangan PNS Solo mencapai 600 orang yang sebentar lagi akan pensiuan. Dan untuk membuka CPNS terganjal dengan moratorium,” kata Ketua Komisi I DPRD Solo, Budi Prasetyo kepada wartawan, Senin (1/2).

Pihaknya menerima informasi, beberapa waktu lalu Pemkot menyatakan membutuhkan tenaga baru sebanyak 600 PNS. Sementara, di awal tahun 2016 Kementerian Pemberdayaan Aparatur  Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) menginformasikan ingin merasionalisasi PNS khususnya di daerah untuk mewujudkan efektivitas kinerja aparat pemerintahan.

Langkah tersebut, kata Budi, memang dinilai cukup logis mengingat anggaran pemerintah terbesar adalah gaji pegawai negeri. Jika dibiarkan terus menerus, maka tidak sehat bagi kelangsungan pemerintah dan khususnya di tingkat daerah. Otomatis, APBD yang dikeluarkan akan berbanding lurus dengan banyaknya jumlah PNS yang dipekerjakan.

“Langkah yang diambil pemerintah juga ada benarnya. Mengingat APBD daerah banyak terserap untuk belanja pegawai,” terang Budi.

Disinggung kejelasan K2, Budi belum dapat memastikan nasib mereka. Selain kondisi moratorium dan rasionalisasi PNS, perampingan struktur organisasi pemerintahan hingga tingkatan terbawah. Selama ini menurutnya, masih ada struktur yang terpisah namun dengan tugas pokok dan fungsi yang hampir sama.

“K2 masih ada beberapa setelah kemarin tes dan mulai tersaring. Kalau di gelombang dua ini sebenarnya ada dan rencananya akan diakomodir tahun 2016 ini, tapi karena ada aturan itu kayaknya masih sulit untuk dimasukkan,” kata Budi.

Editor : Marhaendra Wijanarko

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge