0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Truk Pasir Marak di Jalur SSB, Ganggu Pengguna Jalan

timlo.net/nanin
Razia truk pasir (timlo.net/nanin)

Boyolali — Pengguna jalan di jalur wisata Solo-Selo-Borobudur (SSB) dikeluhkan dengan truk-truk pasir yang lalu lalang di jalur tersebut. Para truk pasir melintas berombongan. Praktis pengguna jalan lainnya terpaksa harus mengalah.

“Berhenti dulu, kalau berjalan dibelakangnya lambat, kalau mau menyalip berbahaya, apalagi jalanya menurun begini,” kata Suyanto, warga Kartasura ditemui di Irung Petruk saat hendak ke Selo, Minggu (31/1).

Lebih lanjut, truk yang berjalan berombongan belum lagi mereka akan berhenti bersamaan. Hal ini memakan badan jalan.

Sementara itu, Harmanto (29) warga Delanggu, Klaten, mengaku memiliki pengalaman buruk saat melintas di belakang rombongan truk pasir di jalur wisata SSB. Kejadiannya, saat Harmanto bersama keluarga naik mobil dari arah Magelang menuju Boyolali, di jalur Jrakah, didepanya melaju truk pasir dengan muatan penuh. Saat ditanjakan, truk pasir tersebut tidak kuat menanjak dan ngglondor.

“Saya pasrah saja, mau banting stir ke kanan ada truk pasir, banting kiri ada tebing, untungnya sang kenek langsung menganjal truk,” ceritanya.

Sejak kejadian tersebut, Harmanto mengaku bila ke Selo, tidak berani berjalan di belakang truk pasir. Pihaknya berharap agar pihak terkait lebih memperhatikan kondisi lalu lintas di jalur tersebut. Sangat disayangkan bila keberadaan truk-truk pasir ini akan menganggu pengembangan wisata di Selo.

Terpisah, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disparbud) Boyolali, Mulyono Santoso mengakui potensi gangguan truk pasir terhadap pengunjung wisata Selo. Pihaknya sudah beberapa kali mendapatkan keluhan dari masyarakat. Namun, pihaknya terbentur kewenangan untuk melakukan pelarangan agar truk pasir tidak melintas di jalur wisata SSB. Disbudpar berencana akan melakukan koordinasi dengan Dishubkominfo dan DPU ESDM.

“Kita akan duduk satu meja dengan instansi terkait untuk menyelesaikan masalah ini,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge