0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Masa Berlaku Habis, KTP-el Tak Perlu Diperpanjang

KTP Elektronik atau e-KTP (dok.timlo.net/redaksi)

Solo — Anda yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el) tetapi masa berlakunya sudah habis tidak perlu cemas. KTP-el itu tetap berlaku dan bisa digunakan sebagai bukti identitas.

“Sesuai SE Mendagri No 470/296/SJ tertanggal 29 Januari 2016 bahwa KTP-el berlaku seumur hidup, meskipun KTP-el cetakan 2011 atau 2012 tertulis masa berlakunya. Jadi, tidak perlu diperpanjang,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Solo, Suwarta kepada wartawan saat ditemui di sela Car Free Day (CFD) Jl Slamet Riyadi, Minggu (31/1).

Menurut Suwarta, SE Mendagri merupakan penegasan dari Undang-undang No 24 Tahun 2013 tentang Perubahan UU No 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan. Disitu tertulis KTP-el berlaku seumur hidup.

Dengan adanya SE Mendagri itu, lanjut Suwarta, Dispendukcapil meminta kepada instansi vertikal, perbankan dan instansi yang berkaitan dengan pelayanan publik lainnya agar tetap menerima KTP-el jika ada KTP-el yang berlakunya sudah habis. KTP-el itu tetap sah sebagai bukti identitas.

Adapun jika KTP-el memerlukan perubahan data, hilang atau rusak, pengguna KTP -el dapat mengurusnya ke kantor Dispendukcapil. Perubahan data dilakukan dengan membawa surat keterangan dari kelurahan.

“Kalau hilang, ada surat keterangan kepolisian nanti kita cetakkan lagi penggantinya. Kalau rusak, bukti fisiknya itu dibawa ke kami, kemudian kami terbitkan KTP-el yang baru,” ujar dia.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge