0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Disbudpar Inventarisasi Benda Purbakala Untuk Isi Museum

timlo.net/nanin
Museum R Hamong Wardoyo (timlo.net/nanin)

Boyolali — Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Boyolali masih melakukan inventarisasi benda-benda purbakala yang bakal mengisi koleksi Museum R Hamong Wardoyo, yang telah selesai dibangun. Salah satunya yang bakal mengisi museum adalah Kereta Kencana yang saat ini tersimpan di Kantor Setda Boyolali.

“Masih kita lakukan inventarisasi, termasuk nanti penataannya,” kata Kepala Disbudpar Boyolali, Mulyono Santoso, Minggu (31/1).

Selain kereta kencana, juga ada meriam dan foto-foto bupati Boyolali terdahulu. Disbudpar juga berencana akan memboyong sejumlah arca yang saat ini tersimpan di Rumah Arca, Taman Kota Sonokridanggo. Namun, pihaknya masih menyeleksi arca yang akan diboyong mengisi museum. Pasalnya, sangat tidak mungkin semua arca diboyong ke museum.

“Kita seleksi dan sesuaikan dengan tema dan konsep museum tentang tema peradapan Boyolali,” tambahnya.

Museum R Hamong Wardoyo, mengambil nama bupati Boyolali pertama dibangun dengan anggaran Rp 5,3 Milliar. Museum dua lantai dengan atap kaca ini berada di Jalan Boyolali-Solo Km 2 Tegalwire, Mojosongo, atau bekas kantor Disbudpar. Museum R Hamong Wardoyo menjadi salah satu ikon Boyolali, selain patung kuda Arjuna Wijaya, patung sapi Lembu Suro, dan kawasan Simpang Lima.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge