0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ganjar Minta Pemda Kalbar Segera Ambil 347 Warganya

timlo.net/nanin
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo melakukan dialog dengan anggota eks Gafatar di Penampungan Asrama Haji Donohudan Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meminta Pemda Kalimantan Barat segera mengambil 347 warganya yang saat ini berada di penampungan eks anggota Gafatar di Asrama Haji Donohudan, Boyolali. Gubernur tidak ingin ada persoalan dikemudian hari terkait keberadaan mereka di Jawa Tengah.

“Ini namanya ke-garuk, orang asli Kalbar bisa terbawa ke sini (Jateng). Jangan sampai mereka yang bertransmigrasi kesini, kan kebalik,” kata Ganjar Pranowo, di sela-sela sidak ke penampungan, Minggu (31/1).

Saat ini di penampungan eks anggota Gafatar selain dari Kalbar, juga terdapat 166 orang dari Lampung dan 126 orang dari Sumatera Utar. Sejauh ini baru Pemda Sumut yang sudah memberikan jawaban akan menjemput warganya. Sedangkan Pemda Kalbar belum memberikan jawaban.

Selain itu, Ganjar juga meminta Kesbangpolinmas untuk menelusuri sejarah keikutsertaan warga ke dalam organisasi Gafatar. Hal ini terkait motif mereka bergabung dengan Gafatar, selain itu juga termasuk kepemilikan aset dan sistem kepemilikan tanah warga di Kalimantan.

“Mereka ingin aset mereka bisa kembali, tapi mereka tidak tahu siapa yang saat ini menguasai tanah mereka, ini agar rumit nanti,” tambah Ganjar.

Sementara itu, untuk saat ini penampungan eks anggota Gafatar di Asrama Haji Donohudan masih tersisa 705 dan berasal dari luar Jawa Tengah.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge