0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Agrowisata Jambu Biji, Wisata Alternatif Karanganyar

Taryo menunjukkan jambu merah yang dikembangkannya (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Bosan dengan agenda liburan dengan kunjungan ke obyek-obyek wisata? mungkin wisata ke agrowisata jambu biji merah dapat menjadi pilihan lainnya, terutama bagi anda, penggemar buah jambu biji merah. Sebuah agrowisata di Kabupaten Karanganyar tepatnya di RT 2 RW 4, Dukuh Candi, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso. anda bisa menikmati jambu biji dengan memetik langsung dari pohonnya.

Komoditas jambu merah yang ditanam di atas kebun seluas setengah hektar lebih itu kini mulai menjadi alternatif tujuan wisata. Sejumlah wisatawan lokal pun mulai banyak berdatangan ke agrowisata yang berhawa sejuk tersebut. Pengelola kebun Taryo menuturkan, tanaman jambu merah di agrowisata ini sudah ditanam sejak sekitar enam tahun terakhir. Jambu merah tergolong sebagai tanaman yang tidak memerlukan perawatan yang rumit.

“Selain buahnya, kami juga menjual bibit jambu merah unggulan yang kini mulai banyak diburu oleh pasar lokal,” katanya.

Taryo menambahkan, dalam sepekan, kebun jambu di Dukuh Candi, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso itu mampu menghasilkan buah jambu hingga enam ton. Dalam proses tanamnya pun tidak dibutuhkan air yang terlalu besar. Apalagi kondisi tanah di lokasi terkait juga masih berada di wilayah pegunungan yang notabene banyak kandungan airnya.

“Ke depan, kami ingin menggandeng masyarakat sekitar untuk turut serta membudidayakan jambu merah seperti yang telah dirintis ini,” ucapnya.

Salah seorang pengunjung Jihan (18), mengaku tertarik setelah melihat-lihat kebun jambu di Dukuh Candi, Desa Jatirejo, Kecamatan Ngargoyoso tersebut. Dalam kesempatan itu, ia menyempatkan hadir bersama keluarganya dari Karangpandan.

“Ini menarik, biasanya jambu itu hanya ada di daerah panas. Tetapi di Ngargoyoso ini juga bisa berkembang dengan baik,” ungkapnya.

Kedatangannya kali ini juga untuk mencicipi langsung produk buah unggulan dari Kecamatan Ngargoyoso tersebut. Bersama pengunjung lainnya, Jihan menikmati buah jambu yang dipetik sendiri dari pohonnya di kebun.

“Rasanya enak, manisnya juga terasa. Saya memang suka jambu karena manfaatnya cukup banyak. Seperti untuk mengobati demam berdarah, kanker, diabetes dan lainnya,” ucapnya.

Nah, bagi anda yang penasaran ingin merasakan wisata buah jambu. Tak ada salahnya anda mampir ke Desa Jatirejo kecamatan Ngargoyoso, kabupaten Karanganyar. Cukup dengan Rp 6 ribu per kilogramnya,anda sudah dapat menikmati buah jambu yang anda inginkan.

Editor : Wahyu Wibowo

Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge