0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gatot Nurmantyo Jadi Pesaing Kuat Jokowi?

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo (dok.merdeka.com)

Timlo.net – Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo diprediksi menjadi pesaing kuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pilpres 2019 mendatang. Dari hasil survei yang dilakukan Segitiga Institute, sebanyak 35,9 persen, responden memilih Gatot sebagai calon presiden yang berlatar belakang militer.

Menurut Direktur Eksekutif Segitiga Institute Muhammad Sukron, nama Gatot lebih kuat daripada mantan Panglima TNI Jenderal Moeldoko yang hanya mendapat 22,6 persen dukungan dari responden.

“35,9 Persen responden memilih Gatot, 22,6 persen responden memilih Moeldoko, 27,4 persen responden memilih Djoko Suyatno, sementara Agus Suhartono 14,1 persen,” kata Sukron, Sabtu (30/1).

Kendati begitu, Sukron mengatakan saat nama Gatot disandingkan dengan Jokowi, persentase pemilih masih berpihak kepada mantan Gubernur DKI tersebut. Jokowi unggul dengan posisi 59,3 persen sedangkan Gatot berada di posisi 38,5 persen.

“Sedangkan responden yang tidak memilih hanya sebesar 2,2 persen,” ujar dia.

Sukron memperkirakan elektabilitas Gatot akan terus meningkat, apa lagi waktu pelaksanaan Pilpres 2019 masih lama.

“Angka ini sangat mengancam Jokowi, dengan jangka waktu sekitar tiga tahun lagi menjelang Pilpres, Gatot menjadi ancaman nyata bagi Jokowi,” jelas dia.

Survei ini dilakukan di 34 Provinsi di Indonesia sejak 4 Januari 2015 sampai dengan 15 Januari 2016. Selain itu, survei juga dilakukan dengan 1.225 responden, di mana responden terdiri dari seluruh penduduk Indonesia.

Minimal usia responden berusia 17 tahun atau di bawah 17 tahun tapi sudah menikah. Sedangkan Margin of error dalam survei itu sebesar 2,8 persen.

[bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge