0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertamina Berencana PHK Banyak Karyawan?

dok.merdeka.com
Depo Pertamina (dok.merdeka.com)

Timlo.net – PT Pertamina (Persero) segera melakukan efisiensi. Penyebabnya, harga minyak dunia dipatok terlalu rendah, berkisar USD 33 per barel. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) karyawan akan ditempuh Pertamina jika tidak ada pilihan terbaik untuk melakukan efisiensi.

Direktur Utama PT Pertamina, Dwi Soetjipto mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal mungkin untuk merumuskan strategi guna tetap menjaga kestabilan Pertamina di tengah anjloknya harga minyak dunia.

“Yang sudah kami identifikasi adalah 25 persen tapi kami menargetkan upaya menekan biaya sebesar 30 persen. Artinya efisiensi harus menurunkan biaya sebesar 30 persen,” kata Dwi, Sabtu (30/1).

Menurut Dwi, jika upaya yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil, perusahaan plat merah ini akan melakukan opsi kedua yang telah mereka tentukan.

“Kalau langkah dari sisi efisiensi di proses bisnis ini masih kurang, kami akan masuk kepada masalah menurunkan pendapatan dan sebagainya. Andai gagal kembali, kita akan melakukan opsi terakhir yakni pengurangan karyawan,” jelas dia.

Dwi optimis masih banyak kesempatan untuk melakukan efisiensi. Salah satunya dengan merenegosiasi penggunaan jasa yang selama ini banyak dilakukan pertamina.

“Penggunaan jasa harus kita evaluasi, kita renegosiasi untuk kita sama-sama baik di penyedia jasa atau di Pertamina sendiri bisa bertahan. Jadi kami akan fokus untuk menekan biaya operasi dulu. Cutting cost 30 persen, itu targetnya, jadi di situ level harga minyak USD 30 per barel itu kami hitung masih tahan,” tukas dia.

[idr]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge