0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Relawan SAR Terkonsentrasi di Jawa, Cukup untuk Seluruh Indonesia

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bambang Soelistyo

Kepala Basarnas, Marsekal Madya Bambang Soelistyo

Karanganyar – Kepala Badan SAR Nasional, Marsekal Madya Bambang Soelistyo mengungkapkan, ada puluhan ribu relawan SAR tersebar di Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan daerah Istimewa Yogyakarta. Kekuatannya cukup untuk mengatasi segala kemungkinan musibah di seluruh wilayah Indonesia.

“Di setiap provinsi ada, tapi jumlahnya kalah jauh. Ini membanggakan, tinggal mengasah kemampuan masing-masing potensi agar bisa melaksanakan misi dengan benar dan aman. Di sini kami sinergikan semua potensi sehingga SAR di Indonesia makin berdaya dan diakui internasional,” tutur Bambang Soelistyo pada pers, usai apel relawan se Surakarta, Sabtu (29/1).

Secara umum, menurut Bambang Soelistyo, pengakuan terhadap kemampuan Basarnas terlihat dari sejumlah parameter, di antaranya penilaian dua lembaga transportasi internasional yakni International Maritime Consultative Organization (IMCO) dan International Civil Aviation Organization (ICAO).

“Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah latihan gabungan SAR yang melibatkan sejumlah negara di ASEAN,” imbuhnya.

Kepala Kantor SAR Semarang, Agus Haryono menambahkan, apel potensi SAR se Surakarta, berlangsung Sabtu-Minggu ini. Ribuan relawan berkumpul di Pos SAR Surakarta untuk mengikuti workshop, juga lomba keterampilan SAR seperti water rescue di Waduk Cengklik dan High Angle Rescue Technic.

 

Editor : Ari Kristyono

Komentar Anda

loading...
KEMBALI KE ATAS badge