0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Haul Habib Ali, Tukang Becak Panen Rejeki

Becak yang membawa jamaah Haul Habib Ali (Daryono)

Solo – Gelaran haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon membawa dampak ekonomi bagi warga. Para tukang becak menjadi salah satu kelompok masyarakat  yang ikut merasakan “berkah”  ekonomi haul Habib Ali.
Ratusan tukang becak itu mangkal di sepanjang Jl Kapten Mulyadi mulai dari perempatan Sangkrah hingga lokasi Masjid Riyadh yang berjarak kurang lebih 1 km. Para tukang becak itu mengantar jemaah dari hotel, tempat parkir bus ke lokasi haul atau sebaliknya.

“Ini tadi sudah narik dua kali. Tarifnya ya beda-beda, antara Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu,” kata Bejo (60), pengemudi becak asal Cemani, Sukoharjo, saat ditemui Timlo.net, Sabtu (30/1).

Berbekal becak sewaan sebesar Rp 3 ribu per hari, Bejo, optimis hari ini bakal membawa uang lebih. Pelanggan diperkirakan akan banyak menggunakan jasa becak saat acara haul selesai.

Esok pagi (Minggu), tamu yang menggunakan banyak juga diprediksi banyak saat acara pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW.  Berkaca pada pengalaman tahun lalu, Bejo bisa mengantongi paling tidak Rp 80 ribu.

Pengemudi becak lainnya, Sartono (46) mengungkapkan hal serupa. Momen haul menjadi berkah tersendiri lantaran mengantongi uang lebih dari hari-hari biasa saat mangkal di Beteng Trade Center (BTC).
“Di Beteng paling sehari dua kali narik. Kalau di sini bisa narik 6 sampai 7 kali,” ujar lelaki asal Jatisobo, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo ini.

Sartono menyampaikan, jumlah tukang becak yang mangkal di acara haul memang cukup banyak. Diperkirakan jumlahnya lebih dari 500 becak. Meski tidak dikoordinir, tidak ada cerita berebut penumpang.

Cicit Habib Ali bin Muhammad Ali Al Habsyi, Habib Mustofa Mulahella mengatakan haul memang membawa dampak ekonomi baik bagi warga sekitar Masjid Riyadh maupun warga diluar. Dampak ekonomi itu dirasakan oleh pedagang makanan, cinderamata, hotel hingga warga sekitar yang menyewakan rumah mereka untuk penginapan.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge