0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jessica Jadi Tersangka, Belum Tentu Bersalah

merdeka.com
Jessica Kumala Wongso (merdeka.com)

Timlo.net – Polisi menetapkan Jessica Kumala Wongso sebagai tersangka atas meninggalnya Wayan Mirna Salihin. Mirna tewas beberapa waktu lalu usai minum kopi di salah satu pusat perbelanjaan, Jakarta.

Jessica yang tak lain adalah kerabat dekat Mirna ditetapkan sebagai tersangka setelah polisi menemukan alat bukti yang cukup.

Mantan Hakim, Asep Iwan Iriawan meminta pihak kepolisian untuk berhati-hati dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka. Sebab, orang dengan status tersangka belum tentu bersalah. Oleh karenanya, untuk menetapkan tersangka polisi harus memiliki dua alat bukti.

Asep menceritakan pengalamannya menjadi seorang hakim. Di mana dalam sidang, seorang hakim menyatakan terpidana bersalah apabila di sidang ada seorang saksi mata yang melihat terdakwa melakukan pembunuhan tersebut. Sementara, pada kasus ini, belum ada saksi mata yang melihat ada orang menaruh sianida di kopi Vietnam milik Mirna.

“Kita melihat proses pembunuhan, dalam pidana, yang dibuktikan adalah perbuatannya, menghilangkan atau merampas nyawa orang lain. faktanya ada, orang meninggal karena sianida, tapi yang dicari siapa yang taruh,” kata Asep, Sabtu (30/1).

Senada dengan Asep, Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri menyatakan, sampai saat ini dirinya tidak yakin orang yang membunuh Mirna berada dalam satu lokasi.

“Sampai saat ini buat saya, saya masih bersikukuh kalau pelaku bukan yang berada satu lokasi atau satu meja dengan korban,” ujar Reza.

Kendati begitu, dia menghormati proses hukum yang berjalan di Polda Metro Jaya. Hanya saja, ditegaskan dia jika seseorang yang menyandang status tersangka tidak serta merta akan bernasib sebagai narapidana.

“Bahwa J ditetapkan sebagai tersangka itu sah-sah saja, itu sebuah episode dalam sebuah proses hukum. Tetapi seseorang yang ditetapkan sebagai tersangka tidak serta merta akan bernasib sebagai narapidana,” jelas dia.

[hrs]

Sumber: merdeka.com

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge