0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waspada Virus ZIKA, DKK Gencarkan PSN

ilustrasi (merdeka.com)

Solo – Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo menghimbau masyarakat untuk menggiatkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Selain untuk mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD), PSN juga untuk memberantas nyamuk aedes aegypti sebagai perantara virus ZIKA.

“Virus ZIKA ini kan perantaranya sama seperti DBD, nyamuk  aedes aegypti. Karena itu kita upayakan agar tidak ada nyamuk tersebut. Caranya ya dengan PSN,” kata Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan  (P2PL) DKK Solo, Efi S. Pertiwi kepada wartawan, Sabtu (30/1).

Dengan menggiatkan PSN, lanjut Efi, selain mencegah DBD juga mencegah virus Zika. DKK juga tidak ingin terburu-buru memberikan peringatan tentang virus ZIKA kepada masyarakat Solo. Dikhawatirkan, informasi virus ZIKA justru akan menimbulkan kepanikan di masyarakat.

“Sosialisasi virus Zika memang belum. Karena kalau kita buru-buru nanti masyarakat itu ketakutan sekali.  Jadi kita tidak perlu menakut- nakuti tetapi kita waspada dengan semaksimal mungkin PSN,” ujar dia.

Efi menambahkan, hingga saat ini DKK belum mendapat laporan barik dari Puskesmas ataupun rumah sakit tentang adanya virus ZIKA di Solo. Meski demikian, Efi berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan dengan PSN serta perilaku hidup sehat agar daya tubuh semakin kuat.

“Selain perantaranya ditiadakan, kondisi tubuh kita diperkuat. Misalnya istirahat cukup itu sangat membantu daya imunitas kita. Jam 9 malam hingga jam 3 pagi itu waktu paling baik pembentukan daya tahan tubuh,” jelas dia.

Editor : Dhefi Nugroho

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge