0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

15 Ribu Jamaah Ikuti Haul Habib Ali

dok.timlo.net/daryono
Jamaah mengikuti Haul Habib Ali (dok.timlo.net/daryono)

Solo – Belasan ribu jamaah mengikuti Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi, di Masjid Riyadh, Pasar Kliwon, Solo, Sabtu (30/1).

Pantauan Timlo.net, jamah yang mayoritas mengenakan surban dan sarung itu sudah memenuhi lokasi haul sejak pagi. Lantaran tidak tertampung di masjid dan tenda yang disiapkan, jamaah pun duduk di sepanjang Jl Kapten Mulyadi yang ditutup. Mereka duduk bersila berbaur dengan pedagang di sekitar lokasi haul.

“Tadi jam 07.00 sudah berangkat. Sampai sini sudah penuh,” kata salah seorang jamaah dari Sragen, Kholil Anwar kepada Timlo.net.

Lantaran tidak bisa mendekati masjid, Kholil bersama dua rekannya mengikuti haul dari jarak sekitar 500 meter di Jl Kapten Mulyadi. Ia menggelar alas seadanya. Meskipun di depannya menjadi jalur orang berlalu lalang, Kholil tetap mencoba khusuk mengikuti lantunan zikir dan dahlil lewat pengeras suara.

Cicit Habib Ali bin Muhammad Ali Al Habsyi, Habib Mustofa Mulahella mengatakan, meski tanpa undangan, jumlah jemaah yang mengikuti haul ke-104 ini diperkirakan lebih dari 15 ribu. Jamaah berasal dari berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan, sebagian diantaranya berasal dari luar negeri seperi Malasya dan Brunei Darussalam. Prosesi haul diawali dengan pembacaan Yasin dan tahlil serta riwayat Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi.

“Dilanjut besok (Minggu) pagi setelah sholat Subuh dilakukan pembacaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Prosesi haul dipimpin oleh Habib Hasan bin Anis bin Alwi bin Ali bin Muhammad Al Habsyi,” ujar dia.

Setelah proses haul berlangsung, terang Mulahella, panitia menyuguhkan jamuan nasi kebuli dengan daging kambing kepada jamaah. Panitia memasak sekitar 2 ton beras dan 400 ekor kambing. Jamuan itu sebagai bentuk menghormati jamaah sebagai tamu yang hadir.

 

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge