0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pelantikan Bupati, Ketua DPRD Klaten : Pertengahan Februari

timlo.net/aditya wijaya
(timlo.net/aditya wijaya)

Klaten – DPRD Kabupaten Klaten menggelar rapat paripurna istimewa dalam rangka pengumuman penetapan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih hasil Pilkada serentak 9 Desember 2015 lalu, Sri Hartini-Sri Mulyani.

“Penetapan ini menyusul terbitnya surat edaran (SE) Mendagri Nomor 100/140/SJ tentang Pengesahan dan Pengangkatan Kepala Daerah,” kata Ketua DPRD Klaten Agus Riyanto, Jumat (29/1).

Sesuai SE tersebut, dikatakannya, mekanisme pelantikan bupati dan wabup pilkada serentak 2015 berbeda dengan pelantikan kepala daerah periode sebelumnya. Adapun rapat paripurna istimewa ditandai dengan penandatanganan berita acara penetapan oleh Ketua DPRD.

”Sekarang karena pelantikan tidak dalam forum rapat paripurna istimewa maka ada rapat paripurna istimewa untuk pengumuman penetapan pilkada dari Komisi Pemilihan Umum (KPU),” ujar Agus kepada wartawan.

Ditambahkan, berita acara dan risalah rapat paripurna menjadi salah satu kelengkapan administrasi bagi Ketua DPRD untuk mengusulkan pengesahan pengangkatan bupati dan wabup terpilih. Namun demikian, dia belum mengetahui kepastian jadwal pelantikan bupati.

“Kemungkinan pelantikan dilaksanakan serentak di ibukota provinsi dan dilantik oleh gubernur. Untuk kepastian pelantikannya kapan belum ada, tapi katanya pertengahan Februari,” tambah Agus Riyanto.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge