0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD Amini Usulan Disdik Bangun Gedung Baru

timlo.net/tarmuji
Semrawut emperan kantor Disdik dimanfaatkan untuk menumpuk berkas (timlo.net/tarmuji)

Wonogiri — Setelah melalui berbagai pertimbangan, akhirnya DPRD Wonogiri, menggedok anggaran yang diusulkan Dinas Pendidikan (Dindik) untuk pembangunan gedung baru. Rencananya, anggaran yang bakal digelontorkan pun nilainya mencapai puluhan miliar.

“Salah satu pertimbangannya yakni, selama ini gedung Disdik sudah tidak layak lagi, sehingga berkas-berkas berantakan di luar ruangan. Terlebih ketika ada kegiatan, parkir kendaraan terlihat semrawut, sehingga kerap diprotes warga sekitar,” ujar Ketua DPRD Wonogiri, Setyo Sukarno, Jumat (29/1).

Menurutnya, anggaran yang digedok DPRD sendiri mencapai Rp 15 Miliar.

“Dalam pembahasan APBD 2016 kemarin kami sepakat untuk mengalokasikan anggaran pembangunan kantor baru dinas pendidikan. Ironis sekali, selasar dan emperan digunakan menampung berkas, sedang didalam ruangan sangat sempit,” katanya.

Dikatakan, gedung baru Disidik itu tidak akan dibangun di bekas kantor lama di Kajen, Wonogiri Kota. Tapi, gedung baru itu akan dibangun di tanah pemerintah di Bulusulur, Wonogiri, atau di sekitar kantor Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Agar tidak terlalu membebani keuangan daerah, maka alokasi anggarannya dibuat bertahap. Yang pasti, untuk tahun 2016 ini dialokasi anggaran Rp 8 Miliar. Sedang kantor lama, diwacanakan untuk sumber pendapatan daerah.

“Ke depan, akan dialokasikan lagi untuk pembangunan lanjutan. Jika ini sudah selesai, maka akan dipikirkan lagi pemindahan kantor pemerintah lain yang kondisinya tidak layak. Misalnya Kantor Dinas Kesehatan, Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Pariwisata. Bahkan, kalau ada dananya kantor DPRD ini juga perlu dianggarkan, ” jelasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge