0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tiga Proyek Pengerasan Jalan Ini Diduga Salahi Bestek

Kondisi pengecoran jalan yang diduga tidak sesuai bestek (dok.timlo.net/agung widodo)

Sragen – Pengerjaan proyek pengerasan jalan di tiga lokasi ditengarai dikerjakan secara asal-asalan. Di antaranya pengerasan jalan Gambiran-Mlokolegi dan Saradan-Guworejo, Kecamatan Karangmalang dan Desa Prayungan, Gesi-Jatitengah, Sukodono.

“Hal itu bisa dibuktikan dengan membongkar pengerjaan proyek jalan tersebut,” kata Pengurus Tim Operasional Pengawas Aset Negara (TOPAN), Agus Triyono, Kamis (28/1).

Agus mengungkapkan, sedikitnya ada tiga proyek pengerasan jalan yang kualitasnya diragukan. Karena pengerjaan jalan itu ditengarai tidak sesuai Rencana Anggaran Belanja (RAB). Seperti besi cor yang seharusnya menggunakan 12 inci, tetapi kenyataanya hanya menggunakan 8 inci.

Menurut Agus, selain terjadi penurunan kualitas proyek jalan yang rata-rata dengan anggaran di atas Rp 2 miliar itu juga tidak mengindahkan lingkungan. Terbukti banyak masih banyak timbunan sisa material proyek yang tidak dibersihkan.

“Terpenting pengerjaan tidak melebihi jadwal yang ditentukan, sehingga poryek sudah jadi tapi masih banyak sisa material yang berserakan dibiarkan begitu saja,” jelas Agus.

Selain itu kata Agus, tingkat pengawasan dari intansi terkait yang dinilai lemah membuat pengerjaan proyek asal-asalan.

“Tetapi soal kekuatan jalan itu sampai kapan tidak diindahkan. Kami yakin bila tidak sesuai bestek jalan tersebut tidak akan berumur lebih dari satu tahun,” pungkas Agus.

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge