0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Hari ini Diperiksa Lagi di KPK, RJ Lino bakal Ditahan?

dok.merdeka.com
RJ Lino (dok.merdeka.com)

Timlo.net — Hari ini, Jumat (29/1), penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan pemeriksaan mantan Direktur Utama PT Pelindo II, Richard Joost (RJ) Lino sebagai tersangka terkait pengadaan 3 unit Quay Container Crane (QCC) di Pelindo pada tahun 2010. Pemeriksaan hari ini merupakan pemeriksaan perdana untuk RJ Lino setelah ditetapkan tersangka oleh KPK.

Kuasa hukum RJ Lino, Maqdir Ismail mengatakan akan mendampingi kliennya pada pemeriksaan hari ini. Namun Maqdir enggan berkomentar jika penyidik KPK melakukan penahanan terhadap kliennya tersebut.

“Rencananya akan ikut (mendampingi),” kata Maqdir kepada merdeka.com, Jumat (29/1).

Terkait pemeriksaan Lino hari ini dari pihak KPK belum bisa memastikan apakah Lino akan dilakukan penahanan atau tidak. Melalui Kepala Biro Humas KPK, Yuyuk Andriati, penahanan dapat dilakukan untuk kepentingan proses penyidikan. Penyidiklah yang menentukan RJ Lino ditahan atau tidak. Surat pemanggilan sudah dilayangkan oleh KPK hari Selasa (26/1) ke kediamannya.

“Penahanan itu tentunya untuk kebutuhan penyidikan,” ujar Yuyuk saat melakukan konferensi pers, Rabu (26/1).

Pemeriksaan RJ Lino sempat tertunda lantaran dia mengajukan gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Namun gugatan tersebut ditolak oleh hakim tunggal Udjiati.

Sebelumnya, KPK telah menetapkan Dirut PT Pelindo RJ Lino sebagai tersangka pada Jumat 18 Desember 2015 lalu. RJ Lino diduga memperkaya diri ataupun korporasi dengan menunjuk secara langsung perusahaan asal Hong Kong dalam pengadaan QCC.

Atas perbuatannya Lino disangkakan Pasal 2(1) dan atau Pasal 3 Nomor 31 Tahun 1999 Juncto Pasal 55 ayat 1 KUHP. [bal]

Sumber: merdeka.com

Editor : Marhaendra Wijanarko

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge