0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Personel Amankan Haul Habib Ali

dok.timlo.net
Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi (dok.timlo.net)

Solo – Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Solo akan melakukan skema rekayasa lalulintas jelang perayaan Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi ke-104 akan digelar kembali pada Sabtu hingga Minggu (30-31/1) besok. Rekayasa lalulintas ini akan dilakukan di sepanjang jalan Kapten Mulyadi, mulai Jumat (29/1).

“Dalam perayaan Haul ini, kita akan lakukan rekayasa lalulintas, untuk memberikan kesempatan kepada pihak panitia untuk bisa melaksanakan kegiatan mereka dengan lebih leluasa. Karena tamu yang hadir ini nanti diperkirakan mencapai jumlah 10.000 jamaah, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan mancanegara,” terang Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dishubkominfo Solo, Sri Baskoro, Kamis (28/1).

Pihaknya akan mulai mengalihkan arus lalulintas yang melintas di Jalan Kapten Mulyadi menuju Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri. Pengalihan arus akan dilaksanakan usai ibadah sholat Jumat, atau sekitar pukul 14.00 WIB.

Arus kendaraan bertonase besar yang biasa melewati Jalan Kapten Mulyadi, akan dialihkan melalui jalan Mayor Kusmanto, mulai dari pertigaan Loji Wetan. Dari jalan Mayor Kusmanto, arus kendaraan akan diarahkan keselatan melewati jalan Jendral Sudirman. Sampai di perempatan Gladak, akan diberlakukan conta flow di jalan Slamet Riyadi, mulai dari perempatan Gladak hingga perempatan Nonongan. Setelah itu untuk menuju Kabupaten Sukoharjo, kendaraan bisa masuk kearah selatan di jalan Yos Sudarso.

Sedangkan untuk pengendara sepeda motor, dan mobil, arus akan dialihkan menuju timur, dari perempatan Sangkrah dan perempatan Pasar Kliwon menuju ke jalan Untung Suropati. Kandaraan akan diarahkan menuju selatan di jalan Sampangan, hingga tembus jalan Kahar Muzakir.

Pengalihan arus ini akan berlaku hingga hari Minggu sekitar pukul 10.00 WIB. Terkait dengan pelaksanaan Car Free Day, pihak Dishubkominfo tetap akan melakukan rekayasa lalulintas. Hanya saja, ada sedikit perubahan, yakni kendaraan yang masuk jalan Mayor Kusmanto, tidak dibelokkan ke jalan Jendral Sudirman, namun arus langsung dilanjutkan menuju jalan Ronggowarsito hingga perempatan ngapeman. Dari perempatan ngapeman arus akan dibelokkan ke selatan menuju arah jalan Gajah Mada lurus menuju arah jalan Honggowongso menuju jalan Veteran. Dari jalan Veteran lurus menuju perempatan Gemblegan, dari peremparan gemblegan belok kanan menuju arah jalan Yos Sudarso.

“Kita juga melakukan pemasangan sejumlah barikade guna kelancaran acara tersebut antara lain simpang 3 Loji Wetan, Simpang 4 Jalan Jendral Sudirman, Bundaran Gladad, Simpang 4 Nonongan, Simpang 4 Pasar Kliwon, Simpang 4 Baturono, dan Simpang 4 Gading,” katanya.

Pihaknya akan menurunkan puluhan personel di lapangan, untuk membantu memperlancar pengalihan arus. Selain pihak Dishubkominfo, kata Baskoro, petugas dari Kepolisian juga akan diterjunkan sebanyak 150 personel.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge