0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Prasetyo Raih Doktor ke 176 UNS

Prasetyo Doktor 176 UNS (timlo.net/eko prasetyo)

Solo – Mahasiswa Program Doktor (S3) Linguistik, Prasetyo Adi Wisnu Wibowo meraih gelar doktor ke 176 Universitas Sebelas Maret (UNS), di Kampus setempat, Kamis (28/1). Prasetyo yang juga dosen Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UNS berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul Kajian Stilistika Karya-karya Sastra Ki Padmasusastra Perspektif Kritik Holistik.

Dalam disertasinya, Prasetyo meneliti empat karya besar sastrawan yang hidup pada 1843-1926 itu yakni Serat Rangsang Tuban, Serat Prabangkara, Serat kandha Bumi dan Serat Kabar Angin.

“Keempat serat tersebut sarat dengan ajaran kebatinan Jawa yang dikemas dalam karya sastra dan melambangkan empat unsur anasir alam,” jelasnya.

Berdasarkan pengkajian, kata Prasetyo, faktor objektif diperoleh kekhasan pemanfaatan bahasa yang dipergunakan Ki Padmasusastra dalam empat karyanya tersebut.

Prasetyo mengatakan, Ki Padmasusastra menciptakan karya yang lebih modern yakni prosa. Namun kendati termasuk modern, tetap berisi ajaran yang Kejawen yang sarat nilai dan menggunakan bahasa yang indah. Karya-karya tersebut berhasil mencerminkan ciri khas masyarakat Jawa yang menyukai keselarasan dan cenderung menghindari konflik.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge