0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Termasuk Daerah Rawan Bencana

timlo.net/nanang rahadian
Relawan melakukan simulasi bencana (timlo.net/nanang rahadian)

Karanganyar — Berdasarkan hasil survei yang dilaksanakan oleh Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Tengah. Terdapat 34 Kabupaten/kota di Jateng yang merupakan daerah yang tingkat kerawanan bencana cukup tinggi. Salah satunya adalah Kabupaten Karanganyar.

“Ada penambahan daerah rawan bencana di Jateng, 34 Kabupaten/kota merupakan daerah yang tingkat kerawanan bencana cukup tinggi termasasuk Kabupaten Karanganyar,” kata Joko Wiyanto, salah satu tim ESDM Jateng, Kamis (28/1).

Joko mengatakan, dengan ditetapkannya Karanganyar yang masuk dalam kategori rawan bencana. Diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan, terutama pada musim penghujan ini.

”Potensi longsor di Karanganyar cukup tinggi, Masyarakat harus selalu waspada,” kata Joko yang membacakan amanat Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah, Teguh Dwi Paryono itu.

Dijelaskannya, indikator sebagai daerah tangguh adalah apabila masyarakat di suatu daerah mampu mengidentifikasi ancaman yang ada di sekitarnya, mengantisipasi dan melindungi ancaman bencana. Kemudian kemampuan beradaptasi diri dalam situasi bencana, dan mampu bangkit kembali dari bencana yang menimpa.

”Semua harus waspada. Apalagi pada musim penghujan ini. Berdasarkan informasi dari badan meteorologi dan geofisika, puncak curah hujan akan terjadi akhir Januari hingga Februari mendatang,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Karangpandan Aji Pratama Heru, mengungkapkan, wilayahnya merupakan salah satu wilayah rawan bencana alam, terutama longsor.

”Saya minta warga tetap waspada. Setiap terjadi sesuatu, segera hubungi posko bencana. Sekecil apapun informasi, segera laporkan kepada petugas atau para relawan bencana yang ada di kantor kecamatan,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge