0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jumat, Ratusan Eks Anggota Gafatar Bakal Dipulangkan

Eks Anggota Gafatar ikuti pembinaan mental bela negara dari Kodam IV Diponegoro di Asrama Haji Donohudan, Boyolali (timlo.net/nanin)

Boyolali — Ratusan eks anggota Gafatar yang tiba lebih awal, Minggu-Senin kemarin, besok Jumat (29/1), bakal dipulangkan ke daerah asal dengan dijemput pemerintah daerah setempat. Kesbangpolinmas Provinsi Jateng selaku penanggung jawab sudah mengirimkan surat ke sejumlah daerah asal warga Eks Gafatar.

“Besok kita serahkanterimakan ke daerah asal,” kata Kepala Kesbangpolinmas Provinsi Jateng, Ahmad Rofai, Kamis (28/1).

Eks anggota Gafatar yang akan dipulangkan sebanyak 435 orang. Kebanyakan berasal dari Provinsi Yogyakarta sebanyak 345 orang, Jawa Tengah sebanyak 40 orang. Sedang sisanya berasal dari daerah lain, seperti Jakarta, Bengkulu, dan Bekasi dan daerah lainnya. Sementara setelah tiba di daerah asal, apakah nanti akan dilakukan pembinaan diserahkan ke pemerintah setempat.

“Tapi mereka harus tetap mendapatkan pembinaan, bentuknya bagaimana menjadi kewenangan daerah asal,” ujarnya.

Untuk gelombang tiga yang datang Rabu malam, tercatat ada 1.281 orang, terdiri atas 467 lai-laki, 396 perempuan, dan 418 anak-anak. Saat ini pihaknya masih melakukan pendataan. Warga yang datang dikumpulkan di Gedung Jeddah dan satu persatu dilakukan indentifikasi ulang. Kebanyakan diantaranya tidak memiliki identitas dari daerah asal.

“Asalnya dari mana, masih kita lakukan pendataan,” jelanya.

Dijelaskan juga, kemungkinan masih akan ada gelombang ke empat eks anggota Gafatar dari Kalimantan Barat yang akan tiba di Asrama Haji Donohudan. Menurut informasi masih ada 350-an eks anggota Gafatar yang masih di Kalbar dan akan dipulangkan untuk kemudian ditampung di Asrama Haji Donohudan.

“Informasinya masih banyak yang mengungsi di Kalbar, kemungkinan akan bertambah jumlah pengungsinya,” tandasnya.

Editor : Wahyu Wibowo

loading...


Komentar Anda

Berita Terkait

KEMBALI KE ATAS badge